12 Sep . News Delapan Startup Indigo Terpilih mengikuti HUB.ID Accelerator 2022

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) kembali menghadirkan HUB.ID, sebuah platform yang mewadahi para pegiat startup untuk meningkatkan pertumbuhan bisnisnya di tingkat regional dengan memanfaatkan jejaring Kominfo, baik di tingkat lembaga pemerintahan maupun korporasi. Pendaftaran HUB.ID ini telah dibuka selama satu bulan, yaitu sejak 11 Juni hingga 10 Juli 2022 silam. Dari 200 startup yang mendaftar, telah terpilih 24 startup terbaik untuk mengikuti HUB.ID Accelerator 2022 ini— delapan diantaranya merupakan startup Indigo, yakni Verihubs, Nodeflux, Avter, Jwalaku, Tumbasin, Mall Sampah, Paket ID, dan Prieds.

Di penghujung bulan Agustus silam, delapan startup Indigo terpilih tersebut menjalani tahap business matchmaking yang mempertemukan mereka dengan 34 mitra undangan yang berasal dari pemerintah, BUMN, korporasi swasta, hingga investor. Seluruh mitra yang hadir mewakili vertical business masing-masing untuk kemudian dipasangkan dengan para startup.

Seperti misalnya agriculture dan aquaculture yang diwakili oleh Berdikari, Kementerian Perdagangan, Perindo, Perhutani, Telkom Agree, Kementerian Pertanian, dan Jejaring Pasca Panen untuk Gizi Indonesia (JP2GI). Sementara itu dari financial services turut hadir juga perwakilan dari BNI, LinkAja, BRI Agro, Tugu Insurance, Telkom Tribe Fintech & Integration, serta Bank Syariah Indonesia. Untuk B2B/enterprise solutions diwakili oleh PTPP, PT PP Presisi, Pertamedika, Kalla Group, Telkomsel IoT, Kementerian Ketenagakerjaan, dan Infomedia. Selain itu ada juga SME Enabler yang diwakilkan oleh InJourney, Hotel Inna Group, Bukalapak, Evermos, PadiUMKM, 99% Usahaku, Kemenkop, dan GoTo. Terakhir, dari logistik turut hadir juga SiCepat, Telkom Tribe Logee, TIKI, JNE, Patra Logistik, Bosnet, Pelni, Posindo, dan Kereta Api Indonesia.

Lebih lanjut lagi, delapan startup Indigo tersebut pun berkesempatan untuk hadir dalam HUB.ID Summit 2022 yang digelar digelar selama dua hari, mulai tanggal 5 hingga 6 September 2022 silam. Dalam kegiatan ini, para startup kembali mendapatkan kesempatan yang lebih besar untuk terhubung dengan delapan puluh undangan, yang terdiri dari pemodal ventura hingga mitra bisnis Kominfo di lembaga pemerintahan dan juga sektor swasta.

“Tadi (saat business matchmaking), saya melakukan tujuh pertemuan bisnis. Dengan venture capital enam kali, dan mitra bisnis sekali. Semoga saja ada yang jodoh, ya,” ungkap Adi Saifullah Putra (CEO & Founder Mall Sampah) seusai HUB.ID Summit 2022.

Baik Verihubs, Nodeflux, Avter, Jwalaku, Tumbasin, Mall Sampah, Paket ID, dan Prieds masih akan mengikuti berbagai rangkaian program yang telah disiapkan oleh Kementrian Kominfo seperti networking session, pitch training, demo day, dan global immersion, yang berlangsung hingga Oktober 2022 mendatang. Sedikit berbeda dengan HUB.ID 2021 silam yang ditutup dengan demo day, kesempatan 2022 ini berlanjut sampai global immersion yang memilih lima startup terbaik untuk dipertemukan dengan perusahaan teknologi ternama di Amerika Serikat dengan harapan bisa meraih partnership dan investment.

“Pada tahap global immersion, kami membawa lima startup terbaik untuk bertemu perusahaan teknologi di Amerika Serikat, membantu mereka mencari partnership dan kolaborasi dengan perusahaan teknologi luar negeri,” ujar Luat Sihombing (Ditjen Aptika).

Dalam kesempatan HUB.ID 2021 silam sendiri, tujuh startup Indigo berhasil terpilih dan turut serta hingga tahap pitching. Tujuh startup tersebut diantaranya CTScope, Izy, Opsigo, Manpro, Digides, BIOPS Agrotekno, dan Fammi.