28 Jul . News Psikku Mengembangkan Potensi SDM Melalui Platform Talent Assesment

Produktivitas karyawan merupakan faktor utama keberlanjutan sebuah perusahaan. Menurut PwC’s Global Workforce Survey 2022, sekitar 69% tenaga kerja merasa mengalami kegagalan dalam memilih pekerjaan dan merasa bahwa pekerjaan mereka kurang memuaskan. Salah satu penyebabnya adalah para pekerja merasa bidang pekerjaan yang tengah ditekuni kurang sesuai dengan minat dan bakat mereka. Hal ini dikarenakan tidak adanya talent assement yang membantu mereka sebelum terjun ke dunia kerja.

Psikku, startup binaan Indigo tahun 2021, menyadari pentingnya implementasi talent assesment tersebut. Melalui platform yang disediakannya, Psikku mengintegrasikan proses manajemen talent dari berbagai perusahaan, lembaga pemerintah, pendidikan, hingga individu untuk dapat terhubung dengan konsultan psikologi. Dengan memanfaatkan fitur online assesment, Psikku juga dapat membantu memetakan minta dan bakat dari siswa, mahasiswa, maupun karyawan perusahaan agar dapat mencapai potensi terbaiknya.

Selaku startup binaan Indigo yang tengah menjalani masa inkubasi, Psikku pun berkesempatan mengikuti Indigo Unlock-- sebuah program yang membantu para startup dalam memvalidasi produk dan layanannya melalui berbagai use case yang diberikan. Ada berbagai macam use case dari Indigo yang telah dilaksanakan Psikku bersama dengan berbagai pihak; diantaranya lembaga pendidikan, pelatihan sumber daya manusia, dan juga perusahaan swasta di berbagai sektor.


Dalam rangkaian use case yang digelar, Psikku telah membantu berbagai perusahaan memetakan minat dan bakat talent-nya, salah satunya dengan memanfaatkan layanan online assessment dan talent mapping seperti yang digelar dengan PT Rizqi Putra Pratama. Layanan yang ditawarkan psikku tersebut telah membantu proses rekrutmen perusahaan dalam memilih teknisi yang sesuai. Harapannya, dengan menganalisis aspek psikologis dari para pelamar yang mendaftar, perusahaan dapat menemukan talent yang membuat tim bekerja lebih efektif serta efisien.

Aplikasi dari layanan yang ditawarkan Psikku tidak hanya terbatas untuk proses rekrutmen saja. Pemanfaatan layanan talent assessment juga dapat membantu perusahaan dalam menguak potensi maksimal karyawannya. Dengan mengacu pada hasil assessment yang diberikan oleh Psikku, perusahaan dapat meninjau kembali kesesuaian minat dan bakat karyawannya dengan posisi serta beban pekerjaan yang tengah diemban. Kesesuaian tersebut dapat membantu karyawan meningkatkan kapabilitasnya dan bekerja lebih efektif, sekaligus mengurangi tingkat turnover perusahaan yang muncul berkat kurang tepatnya pemetaan talenta yang ada. Use case serupa telah digelar Psikku bersama dengan PT MNC Asset Management dan PT. Aero System Indonesia.

Selain itu, layanan yang ditawarkan Psikku juga dapat dimanfaatkan oleh lembaga pendidikan dalam menganalisis serta memetakan minat dan bakat para siswa untuk memperkecil fenomena salah jurusan yang umum dirasakan mahasiswa di jenjang perguruan tinggi. Selain itu, hasil assessment para siswa juga dapat membantu proses bimbingan akademik dan pengembangan kemampuannya menjadi lebih maksimal.

Di jenjang perguruan tinggi, layanan talent assessment Psikku juga dapat membantu mahasiswa dalam persiapan sebelum terjun ke dunia kerja agar dapat memilih bidang yang sesuai minat dan kapabilitasnya. Sehingga mereka bisa memilih pekerjaan yang sesuai dan berprestasi di bidangnya.

Manfaat layanan yang ditawarkan Psikku tersebut tidak hanya menguntungkan pihak siswa dan mahasiswa saja. Hasil assessment yang diberikan Psikku secara tidak langsung membantu lembaga pendidikan dalam mencetak talenta berkualitas dan menaikan akreditas serta kredibilitas mereka. Manfaat ini sudah dirasakan oleh Lembaga Pendidikan SOLOCOM, SMK Negeri 8 Jakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Balikpapan Cerdas dan STMIK Bina Patria Magelang.

Berdasarkan rangkaian use case yang telah digelar, jelas tampak bahwa pemetaan psikologis yang dilakukan oleh Psikku memberikan keuntungan bagi banyak pihak. Manfaat tersebut dirasakan tidak hanya pada perusahaan atau lembaga terkait saja, namun juga bagi individu di dalamnya.