26 Jul . News Tiga Startup Indigo Terpilih dalam Hyundai Startup Challenge 2022

Melihat pesatnya perkembangan berbagai social enterprise yang berusaha menyajikan solusi atas permasalahan yang muncul pada sektor lingkungan, kesehatan, kendaraan listrik, dan ketenagakerjaan di Indonesia, membuat Hyundai tergerak untuk turut terlibat dan memberikan dukungannya melalui program Hyundai Startup Challenge Indonesia 2022. Program akselerasi startup yang digagas perusahaan otomotif asal Korea Selatan ini turut didukung oleh People and Peace Link (PPL), Merry Year Social Company (MYSC), Instellar, dan Community of Chest Korea.

Hyundai Startup Challenge Indonesia 2022 menawarkan berbagai kelas daring hingga sesi 1-on-1 dengan para ahli dan praktisi social enterprise untuk membantu startup pilihannya menghadirkan dampak sosial yang signifikan terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat serta lingkungan yang berkelanjutan. Selain itu, tersedia dana segar sebesar US$6,500.00 (sekitar 97 juta rupiah) bagi masing-masing startup. Dana tersebut tentunya dapat dimanfaatkan para founder startup untuk mengembangkan dan mengakselerasi skala bisnisnya.

Pendaftaran ajang ini telah dibuka pada 1 April 2022 silam dan berhasil menarik perhatian lebih dari 2400 startup untuk mendaftar dan mengirimkan pitch-deck. Seluruh pendaftar kemudian diproses kembali hingga akhirnya tersisa lima belas startup pilihan. Adapun dari lima belas startup pilihan tersebut, tiga diantaranya merupakan startup binaan Indigo; diantaranya Hear Me, Silang.id, dan Tumbasin.

Ketiga startup binaan Indigo tahun 2020 dan 2021 tersebut telah menjalani kick-off program selama tiga hari, tepatnya pada 16-18 Juni 2022 silam. Dalam kegiatan tersebut, Hear Me, Silang.id, dan Tumbasin bertemu dengan dua belas startup terpilih lainnya dan mendiskusikan kemungkinan berkolaborasi untuk menghadirkan dampak yang lebih signifikan.

“Dalam tiga hari program kickoff ini, kami mengenal satu sama lain. Kami mengadakan lokakarya System Change Builder di mana para peserta berpartisipasi satu sama lain untuk menjalankan dan menginisiasi kolaborasi bersama-sama. Kami juga mengunjungi Hyundai Motor Manufacturing Indonesia di Cikarang. Hal tersebut merupakan pengalaman luar biasa di mana kita bisa melihat bagaimana Hyundai menghadirkan inovasi dan juga banyak langkah dalam mengatasi masalah sosial untuk kemanusiaan. Dan para social entrepreneurs (yang terpilih tersebut) belajar banyak dari kunjungan ini dan tiga hari yang kami habiskan bersama,” ungkap Ivy Londa selaku Head of Program Instellar Indonesia, pihak yang menjadi mitra Hyundai dalam melaksanakan Hyundai Startup Challenge Indonesia 2022.

Para startup terpilih ini juga melakukan kunjungan ke pabrik Hyundai Motor di Cikarang untuk melihat cara Hyundai berinovasi dan mengatasi masalah sosial. Harapannya, seluruh rangkaian kegiatan ini dapat membantu menginspirasi mereka untuk melangkah lebih baik dalam menghadirkan solusi dengan dampak sosial yang lebih luas bagi masyarakat dan lingkungan sekitar secara berkelanjutan. Mendampingi para startup tersebut, turut hadir perwakilan dari Hyundai Motor Group dan MYSC dari Korea Selatan, Hyundai Manufacturing Motor Indonesia, Instellar dan pemenang HSC dari tahun 2020 dan 2021.

“Kami berharap program HSC akan menjadi kesempatan untuk mengakselerasi model bisnis tim terpilih tahun ini, dan kami juga berharap dapat menciptakan dampak sosial baru di Indonesia melalui tantangan kreatif dan inovatif dari tim terpilih HSC ini,” ujar Won Sun Hong selaku Senior Manager dari Hyundai Motor Group.

Dalam kesempatan ini sendiri, Hear Me dan Silang.id disebut-sebut sebagai social entrepreneur dengan berbagai upaya di ranah sosial yang menargetkan penyandang disabilitas sebagai penerima manfaat. Baik Hear Me, Silang.id, maupun Tumbasin akan bersaing dengan dua belas startup lainnya selama menjalani fase akselerasi hingga Oktober 2022 mendatang dan program bootcamp pada bulan yang sama. Seluruh rangkaian kegiatan tersebut untuk mempersiapkan mereka dalam memperebutkan total dana hibah sebesar US$ 45,000 (sekitar 678 juta rupiah) yang akan diberikan untuk tiga tim terbaik. Kegiatan Demo-day rencananya akan diselenggarakan pada November 2022 mendatang.

“Kita sudah melihat ada banyak kolaborasi yang terjadi. Mereka berdiskusi bagaimana bermitra dan bekerjasama untuk menghadirkan dampak yang lebih besar bagi masyarakat,” lanjut Ivy.

Hyundai Startup Challenge Indonesia 2022 merupakan program akselerasi startup ketiga yang diselenggarakan Hyundai di Indonesia sebagai komitmennya dalam membina social entrepreneur muda dengan ide-ide inovatif dan solusi kreatif agar dapat memperbesar dampak sosial bagi masyarakat. Indigo selaku inkubator dan akselerator startup di bawah naungan Telkom Indonesia mendukung startup binaannya untuk berpartisipasi dalam berbagai kegiatan pengembangan bisnis seperti yang digelar oleh Hyundai ini.