21 Jul . News Industrial Mentoring Sebagai Penyelaras Startup Indigo dengan Kebutuhan di Industri (Part 2)

Selaku inkubator dan akselerator di bawah naungan Telkom Indonesia, Indigo berkomitmen serius dalam membantu startup binaannya untuk terus berkembang melalui rangkaian program mentoring. Pada kesempatan tahun 2022 ini, kegiatan mentoring masih dilaksanakan secara daring, dan dibagi dalam dua sesi, yaitu Live Town Hall Session dan one-on-one session.

Dalam Live Town Hall Session, para mentor ahli akan menjelaskan berbagai materi untuk membantu para founder startup mengembangkan bisnisnya. Sedangkan pada one-on-one session, mereka berkesempatan untuk menguraikan permasalahan terbaru yang sedang dihadapi dalam perkembangan bisnisnya, sehingga mentor dapat memberikan masukan yang sesuai.

Oleh karena itu, Indigo membagi program mentoring ke dalam berbagai macam jenis, salah satunya Industrial Mentoring. Program ini merupakan salah satu jenis mentoring yang menyelaraskan tren terkini dengan industri startup. Bahkan mentornya pun, merupakan ahli dan praktisi dari industri yang sesuai. Adapun topik dalam Industrial Mentoring terbagi menjadi beberapa kategori, diantaranya kecantikan, teknologi, kesehatan, logistik, dan enterprise.

Untuk industri kecantikan, Indigo mengundang Doddy Bayu Ekaputra yang membantu Allure AI memperdalam point personalized. “Allure AI bisa mendekatkan produk dan solusi ke setiap customers sebagai target market. Ini dapat menjadi acuan untuk membuat produk dalam menyelesaikan masalah customers,” jelas Head of Commerce L’Oreal tersebut.

Selain itu, Allure AI, bersama dengan Hear Me juga dibekali materi Artificial Intelligence (AI) yang disampaikan langsung oleh Adhiguna Mahendra (Chief of Product at Nodeflux). Beliau memaparkan bahwa kedua startup tersebut harus melakukan validasi produk mereka dengan market yang terus berkembang. Dengan begitu, Allure AI dan HearMe dapat mengetahui framework fundamental AI Technology.

Tidak hanya masalah teknologi saja, Industrial Mentoring juga membahas upaya peningkatan customer acquisition dalam sektor kesehatan. Kali ini, President Director Alodokter, Suci Arumsari, memberikan materi dan masukan kepada Ctscope. Suci menitikberatkan materinya pada pengenalan produk ke market. Salah satu caranya adalah dengan memberikan awareness ke market bahwa Ctscope mampu menjawab permasalahan yang ada.

Beralih ke bidang logistik, startup Gruu berkesempatan menggali seluk beluk bisnis supply chain omni channel dari Hadi Kuncoro selaku Group CEO at PowerCommerce.Asia - The Power Group Indonesia. Dalam mentoring ini, founder Gruu dituntut untuk bisa memposisikan diri, melebarkan kesempatan, dan mendapatkan pengetahuan untuk menarik investor.

Industrial Mentoring akan terus dijalankan setiap satu bulan sekali per industri startup. Selain itu, Indigo juga menyediakan program mentoring lainnya untuk mendukung pertumbuhan para startup binaannya. Ragam program ini bisa dibaca di artikel Program Indigo Mentoring (Part 1).