19 Mei . News IndigoSeries: Leadership for Solid Team

IndigoSpace Jakarta, Bogor, Tangerang, Balikpapan serta IndigoHub Bandung menggelar IndigoSeries bertemakan “Leadership for Team Solid”. Acara yang diselenggarakan pada 11 Maret silam ini menghadirkan Vicky Firdaus (Owner PT Comtelindo & Ketua APJII Kaltim).

Leadership merupakan bagaimana cara pemimpin atau tim mempunyai jiwa kepemimpinan yang baik. Leadership tidak hanya untuk para pimpinan saja melainkan seluruh tim yang ada di perusahaan wajib memiliki jiwa kepemimpinan,” tutur Vicky dalam memberikan definisi leadership.

Menurut Vicky, kunci dalam menciptakan tim yang solid tidak hanya bergantung pada sisi leadership saja, namun diperlukan tata kelola perusahaan yang baik. Salah satunya dengan meningkatkan atau scale-up level bisnis perusahaan.

Pria kelahiran Kalimantan ini juga menjabarkan hal-hal apa saja yang harus dilakukan dalam meningkatkan level bisnis perusahaan. Menurutnya, identifikasi masalah bisnis dan sumber daya manusia menjadi tahap awal yang harus ditempuh dalam meningkatkan level bisnis perusahaan. Dengan melakukan identifikasi, maka kita dapat menemukan masalah terbesar yang harus diselesaikan terlebih dahulu dan fokus terhadap hal tersebut. Melalui pemetaaan masalah yang terstruktur, sistemasi bisnis yang cocok dengan perusahaan bisa mulai dibentuk. Selain itu, kompetensi tim juga harus mulai diperhatikan agar beragam usaha yang ditempuh dalam meningkatkan level bisnis perusahaan bisa maksimal.


Untuk meningkatkan kompetensi tim setidaknya ada empat tahapan yang harus ditempuh oleh sebuah perusahaan. Yang pertama dengan memberikan challenge atau tantangan pada karyawan yang dirasa tidak memiliki kompetensi dan komitmen. Hal tersebut dapat membantu perusahaan menilai apakah karyawan tersebut memang masih bisa dipertahankan dan dikembangkan potensinya atau memang harus dilepaskan (dipecat).

Tahap kedua adalah dengan memberikan training & monitoring bagi karyawan yang dapat menunjukan komitmennya untuk bekerja dengan baik namun dirasa kurang memiliki kompetensi yang cukup.

Sementara itu, tahap ketiga menyentuh golongan karyawan dengan kompetensi baik yang kurang memiliki komitmen terhadap pekerjaannya. Menurut Ketua APJII Kaltim ini, karyawan yang berada dalam golongan tersebut perlu diberikan coaching khusus sehingga mereka dapat memaksimalkan potensinya lebih jauh.

Yang keempat sekaligus terakhir, adalah memberikan reward kepada karyawan dengan kompetensi dan komitmen yang baik. Reward tersebut bisa dalam bentuk penghargaan, promosi jabatan, hingga kenaikan gaji.

Founder dari PT Comtelindo menutup pemaparannya dengan memberikan pesan bagi para peserta yang sedang berusaha membangun tim yang solid. “Hal paling penting ketika memulai sebuah usaha terutama untuk teman-teman startup yang minim pengalaman ialah komitmen kepada diri sendiri. Sehingga saat terjadi banyak tantangan di perusahaan, kita sudah siap dengan segala resiko yang kita hadapi nantinya,” ungkap Vicky.

EPILOG:

IndigoSeries merupakan kegiatan pemaparan materi sekaligus sharing session berkaitan dengan dunia startup. Harapannya kegiatan ini dapat membekali para tim agar lebih siap memasuki level selanjutnya. Rangkaian kegiatan IndigoSeries ini merupakan salah satu bentuk kontribusi untuk perkembangan ekosistem startup digital.

Oleh karena itu, tidak heran jika Indigo kembali dinominasikan dalam Asean Startup Awards 2021 dalam kategori “Best Accelerator/Incubator Program”. Dukung Indigo sekarang juga melalui link ini, ya!