14 Jun . News [UPDATE] Rick Firnando Mewakili Verihubs dalam 30 Under 30 Forbes Indonesia & Asia

Sejak tahun 2011, Forbes—majalah bisnis kenamaan asal Amerika Serikat, secara rutin memilih sekumpulan generasi muda berbakat untuk masuk ke dalam daftar 30 under 30 pada tahun terkait. Program tersebut kemudian diadaptasi di tingkat kontinen oleh Forbes Asia dan juga diikuti di level regional oleh Forbes Indonesia.

Pada kesempatan tahun 2022 ini, Forbes Indonesia mengurasi sejumlah generasi muda berbakat yang telah menghembuskan nafas dan semangat baru ke dalam empat belas industri yang mereka geluti. Mereka telah membawa tren bisnis baru dan berhasil mengembangkannya di Indonesia terlepas dari berbagai tantangan yang muncul berkat adanya pandemi COVID-19 selama dua tahun terakhir ini.

Daftar 30 under 30 Forbes Indonesia ini dipilih tidak hanya oleh tim Forbes Indonesia saja, namun juga oleh tiga dewan juri pilihan yang merupakan praktisi bisnis dan alumni 30 under 30 Forbes Indonesia; diantanya Hermanto Tanoko (CEO dari Grup Tancorp Abadi Nusantara), Sabrina Bensawan (Co-founder Saab Shares), dan Elena Bensawan (CEO & Co-founder Saab Shares).

Berdasarkan kurasi dari tim Forbes Indonesia dan juga dewan juri tersebut, Rick Firnando (CEO & Co-founder Verihubs) berhasil masuk menjadi satu di antara daftar generasi muda berbakat 30 under 30 Forbes Indonesia dalam kategori Enterprise Tech. Pemilihan Rick ke dalam daftar tersebut tentunya berkat kontribusinya dalam membangun infrastruktur digital yang menawarkan kemudahan dalam proses verifikasi bersama dengan Verihubs, startup binaan Indigo tahun 2020-1.

Forbes Indonesia menilai usaha Rick Firnando bersama Verihubs telah berkontribusi dalam menghadirkan proses verifikasi yang cukup seamless di sektor keuangan, sehingga para pengguna layanan keuangan tidak perlu lagi menghabiskan waktu yang cukup lama untuk menunggu proses Know Your Customer yang sebelumnya banyak dilakukan secara manual. Proses e-KYC, yang diimplementasikan oleh alumni Y Combinator Summer Batch 2021 ini pun, dapat mencegah dan memperkecil kemungkinan terjadinya penipuan data diri yang diajukan oleh nasabah.

Bagi Rick Firnando, berhasil masuk ke dalam daftar 30 under 30 Forbes Indonesia merupakan pencapaian berharga tidak hanya bagi dirinya, namun terutama bagi Verihubs. Rick berharap Verihubs dapat terus berkomitmen dalam mencegah penipuan data nasabah melalui proses verifikasi berbasis kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) yang dikembangkannya.

Selanjutnya, Rick Firnando dan seluruh tokoh yang terpilih dalam jajaran 30 under 30 Forbes Indonesia akan diajukan ke untuk masuk ke dalam 30 under 30 Forbes Asia yang diumumkan pada Mei 2022 silam. Dalam kesempatan tersebut, Rick Firnando berhasil kembali terpilih ke tingkat Asia berjajar dengan 29 inovator muda lainnya dari seluruh Asia.

Selain Rick Firnando, sederet founder startup binaan Indigo juga pernah menyabet penghargaan serupa di tingkat 30 under 30 Forbes Asia, diantaranya ada Audrey Maximillian and Audy Christopher Herli (Riliv); Hendra Kwik, Jefriyanto, dan Ricky Winata (Payfazz); Marshal Pribadi (Privy); dan Tyovan Widagdo (Bahaso).


Update:

Artikel ini diperbarui pada 14 Juni 2022 untuk menambahkan bahwa Rick Firnando kembali terpilih ke dalam 30 under 30 Forbes Asia.