11 Jan . News Empat Startup Indigo dalam Gelaran Expo 2020 Dubai

Setelah menggelar Demo Day pada 17-18 November 2021 silam, Kemkominfo melalui program business matchmaking besutannya, HUB.ID, memperkenalkan lima startup binaan pilihannya dalam ajang Expo 2020 Dubai UAE — empat diantaranya merupakan startup binaan Indigo, yakni Opsigo, Izy, Ctscope, dan Manpro.

Kelima startup tersebut diberi kesempatan untuk memperkenalkan produk dan layanannya dalam sesi pitching selama 10 menit melalui sebuah acara bertajuk bertajuk “Start-up Pitch, Expo & Speed Dating by HUB.ID x MDI Ventures”. Acara yang digelar secara hybrid ini dihadiri secara langsung oleh Semuel Abrijani Pengarepan (Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kekominfo) selaku keynote speaker dan Sandhy Widyasthana (Director of Operations MDI Ventures).

Dalam sambutannya, Semuel memaparkan besarnya pengguna layanan digital di Indonesia yang semakin meningkat setiap tahunnya. Peningkatan tersebut tentunya tidak lepas dari kontribusi Kemkominfo yang melakukan pembangunan infrastruktur digital serta penyediaan akses internet hingga ke daerah terluar Indonesia. Hal tersebut tentunya untuk mendorong percepatan adaptasi digital Indonesia dalam menyongsong industri 4.0.

Selain itu, Semuel juga mengungkapkan bahwa percepatan adaptasi digital yang dilakukan pihaknya secara tidak langsung turut berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi digital Indonesia dengan startup digital sebagai pilar-pilar penyangganya. Kemkominfo juga menghadirkan beberapa program guna mendampingi perkembangan para startup digital yang membutuhkan bimbingan, diantaranya Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan juga HUB.ID.

Sementara itu, Sandy Widyasthana menyampaikan bahwa selain lima startup terbaik dari HUB.ID tersebut, MDI Ventures juga turut menghadirkan tiga startup yang tengah didanai oleh MDI Ventures. Melalui gelaran ini, Sandy berharap para delegasi asing serta calon investor yang hadir dapat tertarik untuk menanamkan modalnya, berjejaring, hingga menjalin kerja sama dengan para startup terpilih tersebut.

Acara ini sendiri merupakan satu dari rangkaian kegiatan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam perhelatan Indonesia Pavilion Expo 2020 Dubai yang digelar sejak 1 Oktober 2021 silam hingga 31 Maret 2022 mendatang. Indonesia Pavilion Expo 2020 merupakan bagian dari perhelatan Expo 2020 Dubai yang menampilkan berbagai potensi dari Indonesia agar dapat dikenal dunia internasional..

Dalam kesempatan terpisah, Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia) menyampaikan harapannya terhadap ketertarikan investor asing untuk berinvestasi di Indonesia melalui acara ini.

“Tak hanya tertarik investasi, tetapi juga mengakui langkah digitalisasi Indonesia yang semakin kuat dari waktu ke waktu," ungkapnya.