07 Des . News Izy Menjadi World's 10 Hottest Travel Startup dalam Future Travel

Adanya pandemi COVID-19 yang merebak di seluruh lapisan dunia berdampak signifikan pada sektor pariwisata. Setiap negara melakukan pembatasan kunjungan dari luar negeri dan menerapkan pembatasan mobilitas bagi para warganya untuk menekan laju penyebaran COVID-19 di dalam negeri.

Di Indonesia, jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia sejak Februari 2020 mengalami penurunan drastis dengan titik terendah pada April 2020 yakni sebesar 158 ribu wisatawan saja. Secara keseluruhan, jumlah wisatawan yang masuk ke Indonesia sepanjang tahun 2020 hanya 4.052 juta orang—dua puluh lima persen dari tahun sebelumnya, 2019.

Menurunnya jumlah wisatawan ini tentunya mempengaruhi tingkat okupansi kamar dari hotel di Indonesia yang sempat menyentuh angka 12,67% pada bulan April 2020—hingga akhirnya sejumlah hotel terpaksa gulung tikar dan membuat 409 ribu tenaga kerja kehilangan pekerjaan (berdasarkan data BPS 2020).

Pandemi ini pun, mau tidak mau memaksa pelaku sektor pariwisata, khususnya perhotelan untuk mengadopsi cara baru yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengunjung. Seperti misalnya meminimalisir kontak langsung melalui pemanfaatan mobile concierge platform yang ditawarkan Izy.


BACA JUGA: IZY Berlaga dalam Ajang Global Startup Competition 2021


Selain membantu menjembatani komunikasi antara pengunjung dan pihak hotel agar tetap berjalan dengan baik di tengah berbagai pembatasan yang diterapkan, startup binaan Indigo batch 2-2019 ini juga membantu pihak hotel dalam melakukan transformasi digital, mengoptimalkan kinerja pegawai, serta memberikan informasi pengeluaran yang dapat ditekan. Tercatat, Izy berhasil meningkatkan customer engagement hingga 70% dengan 55% diantaranya aktif memanfaatkan layanan yang disediakan pihak hotel. Sehingga secara tidak langsung Izy membantu meningkatkan pendapatan dan efisiensi sebesar 30%.

Terobosan yang dilakukan Izy melalui platform-nya ini pun berhasil membawanya terpilih menjadi satu dari sepuluh finalis yang turut berkompetisi dalam Future Travel Summit 2021 pada 24 November 2021 silam yang dilaksanakan secara daring. Dalam acara ini, Izy dan sembilan startup lainnya disebut sebagai World’s 10 Hottest Travel Startup atas inovasi yang dihadirkannya untuk dunia pariwisata di tengah pandemi yang tengah melanda.

Acara ini sendiri menghadirkan banyak pelaku industri pariwisata terkemuka di seluruh dunia, seperti OYO, Omio, TravelPerk yang membahas berbagai inovasi dalam dunia pariwisata yang tercipta dan diterapkan selama pandemi ini melanda. Selain itu ada juga pembahasan terkait ekosistem dunia pariwisata serta perubahan di dalamnya dengan adanya pandemi di seluruh dunia.