22 Nov . News Tujuh Startup Indigo dalam Demo Day HUB.ID

Pada 27 Juli 2021 silam, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) membuka pendaftaran program business matchmaking bernama HUB.ID yang menyediakan sejumlah fasilitas serta rangkaian program bagi para startup binaannya untuk bisa tumbuh dan mengeskalasi bisnisnya serta konsisten menghasilkan inisiatif yang mendorong perkembangan ekosistem startup digital. Maka dari itu, kominfo menyediakan serangkaian kegiatan yang perlu dilaksanakan oleh para startup binaannya; mulai dari speed mentoring, business matchmaking, networking hingga demo day.

“Startup binaan kami akan memperoleh akses pendanaan, kerjasama bisnis, dan jenis kemitraan lainnya melalui serangkaian proses speed mentoring, business matchmaking, networking session, dan demo day,” tutur Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kemkominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, saat Konferensi Pers Pembukaan Pendaftaran HUB.ID Startup Digital & Indonesia Game Developer Exchange, Rabu (28/07/2021).

Kominfo sendiri telah mengajak 53 investor serta pemodal ventura dari dalam dan luar negeri untuk berinvestasi ke 43 startup terpilih binaan HUB.ID dalam ajang Demo Day yang dilaksanakan secara luring di Jakarta selama dua hari; yakni pada 17-18 November 2021 silam.

“Dengan semangat dari network startup HUB.ID, kami, saya pribadi, berharap makin banyak mitra dan investor yang bergabung di dalam pelaksanaan kegiatan ini, makin banyak startup Indonesia yang tumbuh, akseleratif, resilient, demi mewujudkan Indonesia yang terkoneksi, semakin digital semakin maju,” ungkap Johnny G. Plate (Menteri Komunikasi dan Informatika) dalam sambutannya pada gelaran Demo Day tersebut.

Sebelumnya, seluruh startup terpilih tersebut telah dipertemukan dengan lebih dari 47 mitra HUB.ID yang berasal dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), korporasi swasta, hingga investor. Secara keseluruhan, program HUB.ID ini telah menghasilkan 244 pertemuan bisnis dengan 102 diantaranya yang ditindaklanjuti ke tahap berikutnya.

Seluruh startup tersebut bergerak di tujuh bidang yang berbeda, diantaranya pertanian dan kemaritiman, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, keuangan, dan smart city. Setidaknya ada tujuh startup Indigo yang juga lolos dalam program ini; diantanya CTScope, Izy, Opsigo, Manpro, Digides, BIOPS Agrotekno, dan Fammi. Selain itu ada juga empat startup terpilih yang baru saja menjalani program Indigo Bootcamp Pre-Incubation 2021-2 dalam daftar peserta HUB.ID; yakni Gudings, IndoHP, Sgara, dan LindungiHutan.

“Terus bertumbuh, tumbuh kembangkan inovasi-inovasi anak negeri kita untuk mengisi ruang digital, untuk menjadi pemain-pemain utama di dalam ekonomi digital untuk menjadi startup digital yang terus berkembang demi kejayaan negeri kita dan masa depan generasi muda, generasi milenial Indonesia,” tutup Menteri Kominfo.