12 Okt . News Inilah 39 Startup yang Lolos Tahap Bootcamp Indigo Batch 2-2021

Pendaftaran Indigo Intake Batch 2-2021 telah ditutup pada 26 September 2021 silam. Setelah melewati proses on-desk selection, tercatat ada 39 startup yang berhasil terpilih dan saat ini tengah menjalani tahap bootcamp— salah satu mekanisme terbaru dalam program Indigo Intake Batch 2-2021 dan dimulai sejak 2 Oktober 2021 silam.

Dari 39 startup tersebut, 13 diantaranya bergerak di bidang MSME (Micro, Small, and Medium-sized Enterprises). Sementara itu kategori Agriculture and Food diwakili oleh 6 startup; 6 startup pada kategori Health; dan 4 startup untuk kategori Logistic. Sepuluh startup sisanya, berasal dari berbagai kategori seperti Education & Technology, Waste Management, Fintech, SaaS, Ad-tech, Proptech hingga Internet of Things (IoT).

Adapun informasi lebih jelas tentang 39 nama produk serta layanan dari startup yang terpilih tersebut bisa disimak dalam daftar berikut

MSME (13)

Femalepreneur Indonesia

Platform pembelajaran pendidikan kewirausahaan serta pengembangan diri bagi wirausaha perempuan melalui kelas interaktif dan pendampingan intensif yang sudah memiliki 500 member premium juga 3.000 UMKM yang tersebar di berbagai pulau di Indonesia.

Looyal

Platform untuk membantu para pemilik usaha dalam mengelola toko online, memelihara Customer Relationship Management (CRM), hingga proses pembayaran secara otomatis.

OKGAN

Asisten keuangan digital yang terintegrasi dengan aplikasi chatting WhatsApp untuk membantu pencatatan administrasi dari perusahaan kecil serta UMKM agar dapat tertib.

Indonesia Hakiki Pertama

Platform social commerce untuk menghubungkan para reseller dan dropshipper dengan para supplier yang merupakan UMKM lokal.

Senna Kasir

Platform SuperApp berbasis Software as a Service (SaaS) untuk memudahkan para pemilik usaha, terutama UMKM dalam mengelola usahanya dengan bantuan sistem terintegrasi antara penjualan, perhitungan stok, hingga pelaporan keuangan.

Garapan

Platform pemantauan perkembangan pekerjaan staff sekaligus pencapaian Key Performance Indicator (KPI)-nya secara real-time dengan efisien, mudah, dan murah untuk membantu para pemilik usaha.

IAM Influencer

Platform yang menghubungkan pemilik bisnis dengan influencer berkualitas untuk membantu memperluas target market, meningkatkan awareness, hingga mendorong engagement dengan pelanggan.

Jarivis

Platform yang menyederhanakan berbagai proses bisnis internal dan administrasi dari para pemilik bisnis dengan jumlah staff lapangan yang banyak.

WarungMakan

Platform digital untuk memberdayakan para pelaku bisnis kuliner agar dapat dikenal dan berjualan dengan mudah.

AturKuliner

Platform dalam bentuk situs dan aplikasi mobile untuk membantu para pemilik bisnis kuliner mengendalikan Harga Pokok Penjualan (HPP) dengan perhitungan berdasarkan resep produk, pemesanan secara digital, hingga pengelolaan stok.

HiPajak

Platform digital di bidang perpajakan guna membantu meningkatkan sistem pelayanan publik dan edukasi positif terkait pajak.

CoTrip

Layanan berbasis SaaS yang membantu para pemilik bisnis mengelola berbagai perjalanan bisnis dari karyawannya sehingga dana yang dialokasikan dapat dimanfaatkan secara efektif dan efisien serta terpantau dengan baik.

Rupadatu

Platform e-commerce dari para pengrajin lokal agar dapat dikenal oleh pangsa pasar mancanegara.

Agriculture & Food (6)

Sgara

Solusi end-to-end untuk budidaya udang berbasis Artificial Intelligence (AI); mulai dari penyediaan pakan, pembiayaan probiotik, pembenihan berkualitas, pemantauan benih, dan konsultasi tambak.

OKE Garden

Platform yang menghubungkan pengguna dengan tukang berkompeten serta pembelian produk dari petani tanaman hias demi layanan pertamanan yang lebih baik.

LindungiHutan

Platform penggalangan dana dan kerjasama untuk konservasi hutan dan lingkungan yang juga merupakan wadah serta fasilitator aksi penghijauan dan penanaman pohon secara digital.

AMX-UAV

Startup teknologi yang fokus pada riset dan pembuatan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) atau biasa disebut sebagai drone untuk kebutuhan pemetaan di pulau Jawa dan Kalimantan serta di Pulau Luzon, Filipina.

BroilerX

Solusi digital terintegrasi untuk membantu para peternak ayam dalam meningkatkan efisiensi produksi melalui kombinasi alat ukur kualitas lingkungan yang terhubung dengan internet serta sistem analisis berbasis data untuk proses budidaya yang lebih baik.

Neurafarm

Pemanfaatan teknologi Artificial Intelligence (AI) dalam penerapan data-driven precision farming sebagai upaya menghadirkan ekosistem agrikultur berkelanjutan.

Health (6)

SiCare

SiCare merupakan produk pelayanan kesehatan berbasis teknologi digital terintegrasi antara device bersensor cerdas, aplikasi mobile, dan web yang memberikan pelayanan kesehatan jarak jauh yang cepat tanggap kepada pasien, terutama untuk pasien isolasi mandiri.

One Onco

Platform digital terintegrasi untuk meningkatkan kualitas hidup pasien kanker melalui solusi yang didasarkan pada pengalaman menyeluruh dan komprehensif untuk pasien dan pendampingnya.

Nirgomo

Nirgomo, atau Non-invasive Glucose Monitoring merupakan platform yang memanfaatkan Near Infrared Spectroscopy yang dilengkapi dengan teknologi Machine Learning (ML) untuk membantu pemantauan kadar gula darah secara rutin tanpa perlu disertai pengambilan darah manual.

Dentixtri

Platform pelayanan konsultasi gigi secara online yang disertai dengan teknologi ML untuk memandu pasien dalam pengambilan foto gigi guna pendeteksian keadaan gigi dan mulut.

Bullyid App

Platform pelaporan tindak intimidasi dan pelecehan dalam sebuah institusi atau organisasi secara anonim sekaligus memberikan konseling dengan psikolog bagi para korbannya.

KlikDiabetes

Layanan konsultasi pembentukan pola hidup sehat untuk meningkatkan kualitas hidup pasien diabetes ini membantu proses pemantauan, perekaman, hingga pengaturan pola makan dan konsumsi obat secara teratur serta menghubungkannya dengan tenaga kesehatan demi pemeliharaan kondisi diabetes yang lebih baik.

Logistic (4)

Biglink

Marketplace kebutuhan logistik, seperti kurir, trucking, sewa gudang, hingga sewa kapal melalui smartphone.

Soonic

Pemberdayaan kurir untuk membantu para pemilik usaha katering mengantarkan pesanan mereka secara terjadwal dan terpantau secara real-time sebagai solusi logistik berkelanjutan di sektor kuliner.

Gudings

Layanan penyimpanan dan pengiriman makanan beku untuk membantu para pemilik bisnis mengembangkan pasarnya ke seluruh pelosok Indonesia.

Spada Indonesia

Layanan pengiriman instant dan same-day melalui platform online yang beroperasi di area Jakarta Raya.

Others (10)

Mindo Education (Education &Technology)

Layanan pelatihan bagi mahasiswa, fresh graduate, dan profesional yang ingin menambah skill di bidang bisnis serta percepatan karir agar dapat menjadi generasi unggul dan mandiri melalui berbagai pelatihan keprofesian.

Lister (Education &Technology)

Layanan edukasi yang fokus pada pembelajaran bahasa asing untuk membantu meningkatkan kemampuan berbahasa secara profesional dengan menghubungkan pengguna dengan tutor berkompeten.

Resolv (Education &Technology)

Platform yang membantu murid dalam memahami soal matematika yang sukar dipahami dengan bantuan tutor professional.

Agev (Waste Management)

Solusi end-to-end untuk waste management system, mulai dari upstream hingga downstream dengan memanfaatkan sistem terintegrasi yang didukung teknologi biomass dan Internet of Things (IoT).

Halofina (Fintech)

Layanan "earned wage access" yang memungkinkan karyawan dari suatu perusahaan mengakses dan mencairkan gajinya kapan saja sesuai dengan waktu kerja yang telah dijalani.


Epployee (SaaS)

Sistem untuk membantu pengelolaan administrasi karyawan dalam bentuk situs dan aplikasi yang memungkinkan proses absensi melalui smartphone, pengajuan cuti secara daring, hingga proses evaluasi kinerja.

Wacaku (Entertainment)

Platform kolaborasi bagi para penulis, illustrator, dan composer untuk membagikan karya mereka ke khalayak yang lebih luas.

Higo (Ad-Tech)

Penyedia layanan internet gratis dalam bentuk Free Wifi Hotspot sebagai bentuk analisa perilaku para penggunanya untuk kebutuhan bisnis dan juga periklanan dari mitranya.

Dataruma (Proptech)

Platform yang menyediakan informasi harga appraisal dari data lokasi rumah atau gedung secara instan dan digital.

Xuro.tech (Internet of Things)

Penyedia layanan teknologi yang berbasis Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence (AI) sebagai solusi berbagai permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan.


CLOSING

Seluruh startup dalam daftar di atas menjalani bootcamp selama empat minggu hingga 29 Oktober 2021 mendatang. Perkembangan mereka dalam masa bootcamp ini akan menjadi bahan pertimbangan di tanggal 30 Oktober untuk menentukan startup yang akan melanjutkan ke tahap pitching pada 1-5 November 2021 mendatang.