07 Okt . News Indigo Gathering 2021: Reuni Sekaligus Malam Apresiasi Startup Binaan Indigo

Hari Rabu (6/10) kemarin, Indigo kembali menghadirkan Indigo Gathering 2021, sebuah acara tahunan berupa reuni akbar bagi startup-startup binaan Indigo dari tahun 2013 hingga 2021 untuk dapat saling bertemu dan berjejaring serta menjajaki kemungkinan kolaborasi antara keduanya guna menghasilkan dampak positif secara finansial dan sosial. Indigo Gathering 2021 yang mengusung tema #TransformingForSociety, merupakan Indigo Gathering keempat yang diselenggarakan oleh Indigo Management sejak digagas pertama kali pada 2018 silam.

Dalam kesempatan kali ini, para peserta yang hadir juga disuguhi tiga tema Impactful Discussion guna menambah dan memperluas wawasan serta dapat memanfaatkannya dalam pengembangan bisnisnya yang disampaikan langsung oleh para ahli dan praktisi startup digital. Tiga tema tersebut adalah Partnership yang dibawakan langsung oleh Dian Noeh (CEO Kennedy, Voice & Berliner), Leadership yang disampaikan oleh Nolman Sasono (CTO Dana), dan Marketing yang dipaparkan oleh Vikra Ijas (Chief Product Officer Kitabisa).


Acara utama Indigo Gathering 2021 ini sendiri dibuka dengan sambutan dari Fajrin Rasyid (Direktur Digital Business Telkom Indonesia) yang memaparkan peran Indigo dalam transformasi Telkom menuju digital telco.

“Dalam proses transformasi ini kami menyadari bahwa inisiatif itu bisa datang tidak hanya dari dalam Telkom tapi juga dari luar Telkom. Dan salah satu yang kemudian mendasari program inkubasi startup atau Indigo ini, memang kami melihat potensi kolaborasi dengan para startup, terutama teman-teman yang kemudian menjadi rekan atau binaan dari Indigo. Memang kami berharap dapat menghasilkan inisiatif-inisatif (dan) inovasi-inovasi digital yang tentu saja ada manfaat atau dampak secara finansial tapi juga ada dampak secara sosial bagi Indonesia secara umum,” ungkapnya.


Di akhir sambutannya, Fajrin juga menyampaikan selamat secara khusus kepada tiga startup binaan Indigo yang mencetak prestasi gemilang di sepanjang tahun 2021 ini, yakni Run System yang baru saja melantai di Bursa Efek Indonesia pada September silam; lalu Verihubs yang terpilih dalam program akselerasi Y Combinator Summer Batch; dan yang terakhir adalah Izy yang lolos program akselerasi Shinhan Future Lab.

Selain ketiga startup tersebut, startup binaan Indigo lainnya juga mendapat apresiasi dari Indigo dalam malam penganugerahan Indigo Startup Awards. Dalam Indigo Gathering 2021 ini ada tujuh kategori penganugerahan yang diberikan, diantaranya sebagai berikut.


The Most Progressive (Reguler): Verihubs

Penghargaan ini diberikan kepada startup indigo dengan proses paling signifikan, terhitung sejak masuk dalam program Indigo hingga saat ini. Verihubs sendiri merupakan startup binaan Indigo Batch 1-2020 yang terus mencetak prestasi gemilang sepanjang tahun 2021 ini. Selain berhasil terpilih dalam program akselerasi Y Combinator Summer Batch 2021, Startup penyedia layanan Know Your Customer (KYC) digital berbasis Artificial Intelligence (AI) ini juga baru saja mengumumkan nilai pendanaan tahap awal yang mencapai 39,9 miliar rupiah.


The Most Progressive (Game Startup): Clay Game

Penghargaan ini diberikan kepada startup binaan Indigo Game Startup Incubator (IGSI) dengan proses paling signifikan, terhitung sejak masuk dalam program Indigo hingga sekarang. Game studio binaan IGSI Batch-1 ini sendiri terus aktif menghasilkan berbagai permainan berkualitas yang bisa dinikmati oleh para pemain game PC, salah satu andalannya adalah Faerie Afterlight.


The Most Active (Incubation): Hear Me

Penghargaan ini diberikan kepada startup yang tengah dalam program inkubasi dan tidak pernah melewatkan morning glory serta aktif mengikuti global mentoring yang diadakan oleh Indigo. Hearme sendiri merupakan startup binaan Indigo batch 1-2021 yang baru saja bergabung dan tengah mengembangkan platform penerjemah Bahasa Isyarat Indonesia (Bisindo) dengan memanfaatkan animasi tiga dimensi untuk menjembatani komunikasi antara teman tuli dan teman dengar.


The Most Active (Acceleration): Prieds

Penghargaan ini diberikan kepada startup yang tengah dalam program akselerasi dan tidak pernah melewatkan agenda expert mentoring yang diselenggarakan dengan Indigo. Startup binaan Indigo tahun 2021 ini menyediakan produk Enterprise Resource Planning (ERP) terintegrasi berbasis teknologi Internet of Things (IoT) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan efisiensi perusahaan. Bahkan, untuk mengurangi laju penyebaran COVID-19, Prieds juga mengembangkan sistem yang dapat meminimalisir 90 persen kontak fisik sehingga berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan aman dan terkontrol.


The Rookie of The Year: 4 Happy Studio

Penghargaan ini diberikan kepada startup pendatang baru di program Indigo yang memiliki prestasi dalam hal produk. Dalam hal tersebut, startup game binaan IGSI batch-2 ini menghadirkan sebuah game berjudul “Who is he: Let me out” untuk PC yang berhasil dipamerkan dalam ajang Tokyo Game Show 2021 pada 27 September 2021 silam.


The Most Inspiring: Digitiket

Penghargaan ini diberikan kepada startup indigo yang memiliki strategi bisnis paling bagus, terutama dalam menghadapi ketidakpastian pandemi COVID-19 bisnisnya bisa tetap bertahan, bahkan tumbuh lebih baik lagi. Meskipun bergerak di sektor travel and tourism yang tengah terdampak cukup parah selama pandemi COVID-19, startup binaan Indigo batch 2-2018 ini mampu menyiasatinya dengan menghadirkan sensasi piknik gaya baru yang aman; yakni melalui virtual tour yang juga dilengkapi dengan pemandu wisata.


The Most Promising Game Startup: Devata Game

Penghargaan ini diberikan kepada startup game yang tengah menjalani program inkubasi dari IGSI dan memiliki prospek game yang menjanjikan di masa datang. Game studio yang berasal dari Bali ini menghadirkan permainan petualangan berjudul “Biwar Legend of Dragon Slayer” yang banyak terinspirasi kebudayaan Indonesia dan menampilkan makhluk mitologi dari Indonesia ke dalam ceritanya.


Indigo Startup Appreciation (Market Validation Graduate): Izy & Verihubs

Apresiasi ini diberikan kepada startup Indigo yang telah lulus program akselerasi Indigo di tahun 2021 dengan hasil yang gemilang.


***


Selain berbagai rangkaian acara tersebut, para peserta kegiatan Indigo Gathering 2021pun juga dapat mengunjungi booth digital pada area Startup Exhibition yang digelar para startup binaan Indigo yang tengah dalam program. Di sini, para peserta dapat langsung berinteraksi dengan para startup dan berbincang terkait kemungkinan-kemungkinan kolaborasi yang bisa dicapai nantinya, baik antar startup binaan Indigo atau bahkan dengan rekanan Telkom Group yang turut hadir dalam acara ini.