05 Okt . News Indigo Intake Batch 2-2021 Memasuki Tahap Bootcamp Bersama 39 Startup

Setelah membuka pendaftaran selama 20 hari, Indigo Intake Batch 2-2021 resmi ditutup pada 26 September 2021 silam. Dalam kesempatan Indigo Intake kali ini, tercatat ada sebanyak 397 startup yang melakukan pendaftaran.

Selama empat hari, tepatnya pada 27-29 September 2021, Indigo Intake Batch 2-2021 pun memasuki tahap on-desk selection. Dalam tahap ini, tim Indigo bersama-sama melakukan penyaringan awal atas 205 startup yang menyerahkan proposal bisnisnya saat pendaftaran. Keseluruhan proses tersebut kemudian ditutup dengan rapat pleno pada 30 September 2021 untuk menentukan deretan startup yang berkesempatan melanjutkan proses ke tahap bootcamp yang digelar selama empat minggu pada 2-29 Oktober 2021.

Hasilnya, disepakati bahwa ada 39 startup dari delapan kota di Indonesia yang akan melanjutkan proses Indigo Intake Batch 2-2021 ke tahap bootcamp. Delapan kota tersebut diantaranya Jabodetabek dengan 17 Startup, Bandung sebanyak 9 startup, Yogyakarta dengan 7 startup, Semarang ada 2 startup, sementara sisanya Surabaya, Surakarta, Madiun, dan Makassar masing-masing satu startup.

Dalam Indigo Intake Batch 2-2021 ini sendiri Indigo memberi kesempatan sebesar-besarnya kepada para pelaku startup yang bergerak di bidang Agricultural & Food, MSME (Micro, Small, and Medium-sized Enterprises), Health, dan Logistic untuk bergabung dan memanfaatkan berbagai kemudahan yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya selaku startup binaan Indigo.

Dari 39 startup tersebut, sebelas diantaranya bergerak di bidang MSME. Kategori ini sendiri juga menjadi salah satu yang paling banyak mendapatkan peminat saat pendaftaran, mencapai lebih dari 40 startup. Sementara itu kategori Agriculture and Food diwakili oleh 7 startup; 6 startup pada kategori Health; dan 4 startup untuk kategori Logistic.


BACA JUGA: Inilah Mekanisme Baru pada Indigo Intake Batch 2-2021

Menariknya, 11 startup lainnya yang lanjut ke tahap bootcamp tidak mewakili empat kategori tersebut. Bidang edukasi misalnya, tidak sedikit startup yang mendaftar untuk kategori ini meskipun tidak disebutkan sebagai salah satu yang dicari pada Indigo Intake Batch 2-2021. Pada tahap bootcamp ini pun, setidaknya ada empat startup yang berada pada ranah tersebut. Sisanya terbagi menjadi beberapa kategori seperti waste management, fintech, Saas, hingga proptech.

Selama masa bootcamp, seluruh startup akan mendapatkan materi dengan topik utama yang berbeda di setiap minggunya. Sehingga, dalam empat minggu tersebut akan ada empat topik yang dibahas; diantaranya Startup Founding Team, Startup Idea Evaluation, Growth Hacking, dan Financials. Seluruh topik tersebut aka dibawakan oleh praktisi dunia startup dan juga para ahli di bidangnya; seperti Hadi Wenas (CCO Amartha), Arya Setiadharma (CEO Prasetia), Serlina Wijaya (CEO Pegipegi), Sony Rachmadi Purnomo (President Director Run System), dan masih banyak lagi.

Seluruh startup tersebut pun akan mendapatkan tugas di setiap minggunya terkait topik yang dibahas tersebut dan pengaplikasiannya kepada startup mereka masing-masing. Selama masa bootcamp ini, performa para startup akan dipantau dan dijadikan pertimbangan penilaian saat penentuan pitching pada 30 Oktober mendatang. Tahap pitching-nya sendiri akan dilaksanakan pada 1-5 November 2021.

Dengan diadakannya tahap bootcamp ini, Indigo berharap para startup yang terpilih akan lebih siap lagi saat bergabung dan dibina, serta dapat memberikan impact yang lebih besar untuk ekonomi digital Indonesia.