16 Sep . News Inilah Mekanisme Baru pada Indigo Intake Batch 2-2021

Pendaftaran Indigo Batch 2-2021 telah dibuka pekan lalu, tepatnya pada 7 September 2021. Pada kesempatan kali ini, Indigo memberikan peluang kepada para pegiat startup di bidang Agricultural & Food, MSME (Micro, Small, and Medium-sized Enterprises), Health, dan Logistic untuk bergabung dan memanfaatkan berbagai kemudahan yang bisa digunakan untuk mengembangkan bisnisnya sebagai startup binaan Indigo. Pendaftaran Indigo Batch 2-2021 ini dibuka selama 20 hari lamanya, sehingga para founder startup yang berminat untuk bergabung dengan Indigo harus segera mendaftar selambat-lambatnya pada 26 September 2021 mendatang.

Ada yang sedikit berbeda pada program seleksi Indigo Batch 2-2021 kali ini. Jika pada kesempatan terdahulu para pelaku startup hanya mendaftarkan diri dan menanti undangan untuk pitching, kali ini ada serangkaian kegiatan yang digelar untuk memberi bekal kepada para pelaku startup dalam menajamkan bisnisnya sehingga lebih siap untuk diseleksi kembali dalam proses pitching.

Rangkaian kegiatan tersebut digelar dalam bentuk bootcamp selama empat minggu, tepatnya pada 2-29 Oktober 2021. Para peserta yang terpilih untuk mengikuti bootcamp ini akan mendapat materi dari para mentor berpengalaman yang terbagi ke dalam tiga kelas dalam seminggu. Ketiga kelas tersebut akan mewakili satu topik utama yang berbeda-beda di setiap minggunya; diantaranya startup founding team, startup idea evaluation, growth hacking, dan financials. Para peserta yang nantinya terpilih pun akan mendapat tugas di akhir minggunya sebagai bentuk pemahaman atas topik utama yang disampaikan para pemateri. Keseluruhan tugas tersebut merupakan salah satu dasar yang bisa dimanfaatkan para startup dalam membangun pitch-deck juga nantinya.

BACA JUGA: Tips Lolos Seleksi Indigo Batch 1-2021

Harapannya, melalui rangkaian kegiatan dalam bootcamp ini para peserta dapat memahami metode-metode sistematis yang digunakan untuk menentukan dan mengukur goals yang ingin dicapai, sehingga dapat lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya. Maka dari itu, para peserta akan diarahkan untuk memahami pentingnya proses pengukuran tersebut sehingga dapat menentukan berbagai strategi yang perlu digunakan untuk mencapai goals yang sudah ditetapkan.

Pada 30 Oktober, para peserta bootcamp pun kembali diseleksi. Kali ini, guna menentukan siapa saja yang lolos dan dapat melanjutkan pitching di hadapan dewan juri pada tanggal 1-5 November 2021.

Perubahan mekanisme seleksi pada kesempatan Indigo Batch 2-2021 ini merupakan salah satu bentuk pembaruan dari brand baru Indigo yang diresmikan 3 September 2021 silam. Seperti yang disampaikan oleh Riza A.N Rukmana (Vice President of Digital Business Strategy and Governance PT Telkom Indonesia, Tbk) dalam sambutannya pada acara peresmian brand baru Indigo 3 September silam, Indigo akan menghadirkan program-program yang lebih signifikan terhadap pertumbuhan dan perkembangan startup dan diharapkan memberikan impact lebih besar bagi indonesia. Salah satunya dimulai dengan pembaruan program seleksi pada Indigo Batch 2-2021 ini.

Indigo sendiri merupakan inkubator dan akselerator di bawah naungan PT Telkom Indonesia, Tbk yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekosistem digital dan ekosistem startup indonesia. Hingga saat ini, sudah ada 194 startup dari 15 sektor yang dibina oleh Indigo dengan total nilai seed-funding sebesar 71.35 biliun rupiah dan menghasilkan sinergi senilai $2.8 miliar (sekitar 39 triliun rupiah).