16 Agt . News CEO Payfazz Berpartisipasi dalam MAGIC Fund

Naval Ravikant, Co-founder dari AngelList—sebuah platform yang memungkinkan para pendiri startup dan Angel Investor untuk terhubung, menekankan pentingnya sebuah startup untuk memiliki Founder yang bertransformasi menjadi Investor. Menurutnya, sebagian besar Founder startup ingin memiliki Investor dengan pengalaman langsung di dunia startup.


Di dalam AngelList sendiri, tidak sedikit Angel Investor-nya yang merupakan Founder startup juga dan aktif melakukan pendanaan secara kolektif. Hal ini pun diadopsi oleh berbagai pemodal ventura lainnya dengan mengumpulkan para Founder startup untuk melakukan pendanaan kepada startup bersama-sama—seperti yang dilakukan oleh MAGIC Fund.


Baru-baru ini, MAGIC Fund mengumumkan putaran pendanaan keduanya senilai 30 juta dolar Amerika yang akan digunakan untuk menyokong pendanaan tahap awal dari startup-startup di Eropa, Afrika, Amerika Latin, Amerika Utara, dan Asia Tenggara. Selain itu, MAGIC juga merekrut dua Investor tambahan yang selama ini dikenal baik reputasinya dalam memberikan banyak dukungan di ekosistem startup di kawasannya; salah satunya Hendra Kwik, Co-founder & CEO Payfazz—startup alumni Indigo Creative Nation batch 2-2016.


Selaku Limited Partner (LP) pada putaran ini, Hendra akan bekerja dengan Elvis Zhang (Founder Oxy2) untuk menambah portofolio MAGIC di Asia Tenggara dan India. Mereka akan fokus menjaring startup yang bergerak di bidang fintech, kesehatan, developer tools, dan SaaS & Enterprise untuk diberi pendanaan tahap awal sebesar 100-300 ribu dolar Amerika.



BACA JUGA: IIndigo Demo Day 1-2021 Menghubungkan 10 Startup Binaannya dengan Pemodal Potensial


Sebagai pemodal ventura yang mengusung konsep saling dukung antar pendiri startup, MAGIC Fund memang fokus memberikan pendanaannya pada startup di tahap pre-seed dan seed funding saja. Bagi mereka, pada tahap tersebut ada banyak sekali tantangan yang harus dihadapi oleh para Founder startup agar dapat terus berkembang, sehingga bantuan dari sesama Founder terasa penting—baik berupa dana maupun bimbingan sekalipun.


Hal tersebut senada dengan visi Hendra selama ini. Melalui MAGIC, Hendra ingin lebih banyak membantu para pendiri startup yang telah mengembangkan produk berkualitas namun masih kesulitan dalam hal pendanaan.


Selain dengan MAGIC, Hendra sendiri juga tergabung sebagai LP di Number Capital—pemodal ventura lokal yang fokus memberikan pendanaan dan bimbingan pada startup tahap awal yang membutuhkan bantuan. Hingga saat ini, sudah ada empat startup dalam portofolio Number; diantaranya Payfazz, Shipper, Pahamify, dan Verihubs (startup binaan Indigo Creative Nation batch 1-2020).