06 Agt . News Verihubs akan Berlaga dalam Demo Day yang Diadakan Y Combinator

Pada awal Juli 2021 silam, Y Combinator—program akselerator startup dari Amerika Serikat yang sempat membina startup kenamaan seperti Airbnb, Dropbox, Twitch, dan Reddit; mengumumkan 293 startup dari seluruh dunia yang terpilih untuk bergabung dalam Summer Batch 2021. Seluruh startup tersebut mendapat kesempatan selama tiga bulan untuk fokus mengembangkan produk dan layanannya bersama pelaku industri lainnya dengan akses terbaik yang disediakan oleh pihak Y Combinator.


Dari 293 startup tersebut, dua belas diantaranya berasal dari negara-negara di Asia Tenggara; diantaranya Indonesia, Singapura, Malaysia, Vietnam, dan Filipina. Dari Indonesia sendiri terplih tiga startup berprestasi, salah satunya Verihubs, startup binaan Indigo Creative Nation batch 1-2020.


Pihak Y Combinator menyebut startup yang didirikan oleh Rick Firnando (CEO Verihubs) dan Williem (CTO Verihubs) sebagai Plaid-nya Indonesia yang dilengkapi dengan Artificial Intelligence (AI). Sebagaimana halnya Verihubs, Plaid sendiri merupakan perusahaan asal San Fransisco, Amerika Serikat yang mengembangkan infrastruktur digital untuk para pengguna layanan fintech agar dapat terhubung dengan akun keuangan dan perbankkan secara aman. Bedanya, Verihubs tidak hanya sekedar membangun infrastruktur digital saja, tapi juga melengkapinya dengan berbagai layanan berbasis AI sebagai bentuk verifikasi keamanan guna memperkecil kemungkinan penipuan data yang marak terjadi di Indonesia.


Hingga saat ini Verihubs sudah dipercaya dan digunakan oleh 45 perusahaan terkemuka, setengah diantaranya bergerak di bidang keuangan; seperti Payfazz, Bank Central Asia, dan Bank Commonwealth.


Verihubs sendiri rencananya akan turut serta dalam ajang Demo Day yang akan digelar Y Combinator secara daring selama dua hari, tepatnya pada 31 Agustus-1 September 2021 mendatang. Dalam demo-day ini, Verihubs akan diberi kesempatan selama satu menit untuk memperkenalkan layanan mereka di hadapan 1500 pemodal potensial dan rekan media yang hadir.


BACA JUGA: Indigo Demo Day 1-2021 Menghubungkan 10 Startup Binaannya dengan Pemodal Potensial


Sama seperti Demo-day yang diadakan oleh Indigo Creative Nation, dalam dua hari tersebut Y Combinator juga memberi kesempatan kepada Verihubs dan startup lainnya untuk terhubung dengan para undangan yang hadir melalui fitur-fitur yang disediakan pada situs dan platform-nya.


Firnando berharap keikutsertaannya dalam program akselerasi dari Y Combinator ini dapat membantu Verihubs lebih dikenal dan diakui oleh pasar serta perusahaan-perusahaan lainnya, sehingga dapat membantu perkembangan bisnisnya kelak.


Sebelumnya, Payfazz—startup alumni Indigo Creative Nation batch 2-2016 juga sempat terpilih untuk mengikuti program akselerasi dari Y Combinator dalam kesempatan Summer Batch 2017 silam. Hendra Kwik (CEO Payfazz) melalui Number Capital—sebuah perusahaan pemodal ventura lokal, juga sempat menanamkan investasinya pada Verihubs.