19 Mar . News Prieds: Internet of Things untuk Menekan Laju Penyebaran Covid-19

Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan jenis perangkat lunak yang digunakan oleh sebuah perusahaan untuk mengelola aktivitas bisnis mereka —seperti akuntansi, pengadaan, manajemen proyek, manajemen risiko dan kepatuhan, hingga operasi rantai pasokan ke dalam satu sistem yang terintegrasi.


Pada awalnya, ERP banyak digunakan oleh perusahaan dengan skala besar (enterprise) untuk memudahkan monitoring sistem bisnis mereka yang cukup luas. Besarnya skala bisnis ini tidak jarang juga disertai dengan sistem bisnis yang sedikit rumit dan tidak biasa, sehingga perusahaan-perusahaan tersebut cenderung mengembangkan sistem ERP mereka sendiri atau memesannya kepada vendor yang bisa menyesuaikan proses bisnis yang diinginkan.


Priedsstartup binaan Indigo Creative Nation tahun 2020 Incidental Intake, merupakan salah satu penyedia sistem ERP yang mampu memfasilitasi berbagai proses kompleks dan dapat dimodifikasi sedemikian rupa sesuai permintaan melalui aplikasi Prieds Premium yang dikembangkannya. Tidak hanya itu saja, aplikasi Prieds Premium ini juga dapat diintegrasikan pada perangkat keras (hardware) melalui penerapan teknologi Internet of Things (IoT), sehingga Prieds Premium bisa dikatakan cocok untuk digunakan di berbagai industri.


Penerapan teknologi IoT ini pun beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing industri, apakah sekedar dalam membantu penghematan penggunaan listrik atau bahkan sampai sistem pemantauan bahan baku.


Bahkan, di tengah pandemi yang melanda ini pun sistem yang dikembangkan oleh Prieds melalui Prieds Premium dan teknologi IoT-nya dapat membantu meminimalisir 90% kontak fisik secara langsung untuk membantu menekan laju penyebaran COVID-19.


Seperti misalnya fitur absensi tanpa sentuh dengan fitur face recognition yang langsung terhubung dengan sistem payroll. Sistem ini dapat meminimalisasi kecurangan dan kesalahan sistem absensi manual.



Atau seperti pada Smart Office yang diimplementasikan Prieds untuk PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek (MITJ) baru-baru ini. Sistem tersebut tidak hanya dilengkapi dengan fitur face recognition untuk absensi saja, tapi juga dilengkapi dengan pengukuran suhu tubuh (thermal monitoring) sebagai pengganti access key untuk masuk ke dalam ruangan.


Tidak sampai di situ saja, sistem tersebut juga dilengkapi dengan fitur visitor management. Dalam fitur ini para pengunjung yang datang untuk keperluan rapat akan mendapatkan surat elektronik terkait undangan rapat, beserta QR-code yang nantinya dipindai di pintu masuk agar pengunjung dapat mengakses ruangan rapat.


Selain itu, Prieds juga menyediakan Prieds Lite, sistem ERP yang lebih sederhana yang dapat digunakan oleh UMKM untuk mengelola usahanya. Adapun fitur dalam Prieds Lite seperti pencatatan penjualan, laporan keuangan, supplier management, serta pengelolaan stok dan pesanan dari berbagai marketplace. Sehingga, pemilik bisnis tidak perlu lagi repot-repot untuk mensinkronkan stok dari berbagai akun marketplace yang dimiliki.