Bila Anda memanfaatkan smartphone untuk menelusuri kumpulan video konten yang tersedia di Youtube mungkin ada satu hal yang menjadi ke khawatiran adalah pemborosan kuota, benar, kan? Nah, beberapa waktu lalu, sempat terdengar kabar bahwa Youtube akan membuka layanan pemutar video secara cuma-cuma namun hal ini dirasa sangat mustahil. Konten video terutama dengan resolusi HD memang berat akan kuota, namun hal ini tidak perlu dikhawatirkan lagi karena saat ini Youtube merilis aplikasi baru untuk para penggunanya.

Youtube Go, menjadi prospek baru bagi para penyuka konten video yang disediakan oleh Youtube. Youtube Go merupakan inovasi yang dilahirkan oleh Google guna memfasilitasi pengguna internet dengan keterbatasan tersebut. Saat ini YouTube Go masih dalam fase beta dan baru tersedia secara khusus di India. Aplikasi ini memiliki berbagai fitur khusus yang didesain demi penghematan kuota data pengguna, bahkan Google berkata bahwa YouTube Go menerapkan filosofi “offline first”.

Upaya yang ditempuh para penyedia layanan teknologi untuk menjangkau pengguna di negara internet tertinggal sebetulnya sudah berlangsung cukup lama. Selain YouTube Go, Twitter juga baru-baru ini meluncurkan aplikasi versi ringan bertajuk Twitter Lite. Begitu pula Facebook yang tak ketinggalan dengan program Facebook Lite serta internet.org miliknya.

Adanya terobosan baru dari Youtube ini sendiri, tentunya akan membawa dampak bagi para penggiat Youtube atau biasa disebut dengan Youtuber. Mungkinkah mereka yang aktif menghasilkan pundi-pundi dari unggahan video di Youtube akan mengalami kerugian? Dimas Novriandi sebagai pakar media sosial dan Marketing PR untuk JENIUS memberikan pendapat lain. Menurutnya, ini sebuah kesempatan di mana para Youtuber sendiri akan semakin dikenal karena jangkauan yang semakin luas dan leluasa bagi setiap orang untuk mengakses sebuah video.