Tahukah Anda, bahwa negara Indonesia ini merupakan salah satu negara yang penting bagi Twitter sebagai salah satu platform media sosial? Saat ini, Indonesia merupakan salah satu dari lima negara yang paling sering mengakses Twitter. Pada tahun 2012 silam, Semiocast sebagai lembaga asal Perancis menyatakan bahwa Jakarta sebagai kota yang paling aktif meng-update tweet.

Di wilayah Asia, Twitter memang hanya memiliki kantor di sepuluh kota, mulai dari Bangalore, Dubai, Seoul, Tokyo, hingga Hong Kong. Khusus untuk Asia Tenggara, mereka hanya mendirikan kantor perwakilan di Jakarta dan Singapura. Dilansir dari Tech in Asia Indonesia, Senior Director Business Development Twitter untuk wilayah Asia Pasifik, Arvinder Gujral menjabarkan betapa berartinya Indonesia bagi platform media sosial miliknya. Penyataan ini dibuktikan melalui penuturannya bahwa, Twitter hanya membuat beberapa kantor di luar Amerika Serikat dan salah satunya di Indonesia.

Menghadirkan video live streaming dan menargetkan pengguna di luar kota besar menjadi rangkaian strategi Twitter untuk mengembangkan diri di Indonesia. Sejak tahun 2016, Twitter telah aktif menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk menghadirkan siaran langsung dari beberapa event penting. Salah satu contohnya adalah, mereka rela membayar untuk bisa menayangkan kejuaraan tenis bergengsi sekelas Wimbledon, kompetisi NFL, hingga konvensi nasional Partai Republik dan Demokrat di Amerika Serikat.

Menariknya lagi, sehubungan dengan inovasinya ini, akhir April 2017 kemarin, Twitter mengumumkan kalau pihaknya akan menayangkan secara langsung siaran dari program berita Bloomberg selama 24 jam. Rencana ini nantinya juga akan dilaksanakan di Indonesia, walaupun sampai saat ini pihak twitter belum bisa mengumumkan dengan kemitraan resmi manapun.

 Untuk strategi pengembangan pasar di luar kota besar yang juga menjadi salah satu rencana Twitter di Indonesia, pihak Twitter pun menggaet perusahaan telekomunikasi Indosat Ooredoo untuk menjadi mitra lokal mereka. Lewat kerja sama itu, pihak Twitter pun bisa mengetahui minat masyarakat tanah air, hingga akhirnya membuat beberapa timeline khusus seperti untuk dunia hiburan dan olahraga.

Tak hanya sekadar menjalin kerjasama sepihak, Indosat Ooredoo bahkan membantu Twitter dalam memperkenalkan produk terbaru mereka yang bernama Twitter Lite, dengan cara mengadakan roadshow di beberapa kota. Produk tersebut sendiri memang secara khusus dirancang untuk memberi kemudahan bagi pengguna di luar kota besar yang mempunyai keterbatasan uang dan fasilitas untuk mengakses internet.