Persaingan sengit nampaknya sedang dialami oleh dua aplikasi berbasis sosial media, Instagram dan Snapchat. Semakin berkembangnya fitur-fitur yang dimiliki oleh Instagram membuat Snapchat seolah tidak mau kalah dengan meluncurkan fitur yang nampak serupa.

Salah satu fitur terbaru Snapchat yang dikabarkan meniru Instagram adalah menghilangkan batas waktu sebuah Snap atau unggahan berupa pesan pribadi, sehingga penerima pesan dapat melihat pesan tersebut selama yang mereka inginkan. Sebelumnya, Instagram telah terlebih dahulu memiliki kemampuan ini.

Fitur lainnya yang dihadirkan oleh Snapchat adalah video loop atau video berulang-ulang. Fitur ini dapat menghasilkan gambar GIF yang bersaing langsung dengan Boomerang milik Instagram. Ada pun fitur lainnya berupa Magic Eraser yang memperkenankan pengguna Snapchat untuk menghapus sebuah objek dari gambar yang diambil. Fitur ini serupa dengan kemampuan di Adobe Photoshop.

Saat ini memang pengguna Snapchat sebagian besar beralih ke Instagram karena fiturnya yang lebih lengkap. Karena hal itulah, Snap.Inc menyusun strategi untuk mengembalikan penggunanya dengan menghadirkan fitur-fitur baru tersebut.