Kabar luar biasa datang dari startup teknologi Garena yang berasal dari Singapura dan merupakan salah satu startup yang paling valuable di Asia Tenggara. Garena memutuskan untuk mengganti nama dan merek menjadi Sea Ltd, setelah mendapatkan investasi tahap baru dengan nilai yang sangat fantastis, sebesar 550 juta dolar AS atau sekitar 7,3 triliun rupiah.

Investasi yang berlangsung kali ini diikuti oleh peran sejumlah pemodal, diketahui antara lain adalah Farallon Capital Management, Hillhouse Capital, Cathay Financial Holding Co, serta perusahaan konglomerat makanan Uni-President Enterprises Corp. Startup yang didirikan oleh Forrest Li pada tahun 2009 ini juga sebelumnya telah mendapatkan dukungan finansial dari Tencent Holdings asal China, lalu GDP Ventures dari Indonesia, dan JG Summit Holdings dari Filipina.

Diperkirakan cukup besar kemungkinan bahwa investasi tersebut akan digunakan Sea untuk mendanai persaingan melawan Alibaba yang lewat Lazada berekspansi bisnis e-commerce di Asia Tenggara, terutama Indonesia. E-commerce lain yang patut diantisipasi oleh Sea adalah JD.com yang sangat serius berbisnis di Asia Tenggara dan terakhir dilaporkan akan berinvestasi di e-commerce terbesar Indonesia, Tokopedia.

Mengenai persaingan dengan beberapa e-commerce, Sea sejatinya menjalankan sejumlah bisnis besar, termasuk aplikasi pesan BeeTalk, platform e-commerce Shopee, dan layanan pembayaran digital AirPay. Selain itu, Sea juga menyediakan platform social game serta menjadi penerbit game besar salah satunya adalah game terkenal Point Blank.

Berbicara soal dana, keuangan Sea sendiri terbilang baik bagi sebuah startup berusia delapan tahun. Mereka menyatakan telah berhasil meningkatkan laba bersih 13 kali lipat dibandingkan tahun 2011 menjadi sekitar 270 juta dolar AS atau sekitar Rp 3,6 triliun pada tahun 2015. Namun sampai saat ini pihak Sea menolak untuk mengungkap valuasi perusahaan setelah menerima pendanaan baru. Sea yang pada saat itu masih bernama Garena terakhir kali menggalang dana sebesar 170 juta dolar AS yang membuat valuasi jadi 3,75 miliar dolar AS pada 2016.