Setelah sebelumnya mendapatkan pendanaan seri-A pada bulan Juni 2016 lalu, Moka, sebagai startup penyedia layanan mobile point-of-sales (mPOS) kembali mendapatkan pendanaan senilai US$2 juta atau sekitar 26 miliar rupiah. Pendanaan ini diprakarsai oleh Mandiri Capital dan beberapa investor lain seperti Convergence Ventures, East Ventures, Fenox VC, serta Northstar Group, ikut bergabung bersama di dalamnya.

Moka adalah startup yang menyediakan aplikasi mobile untuk platform iOS dan Android sebagai pengganti mesin kasir. Layanan yang diusung oleh Moka ini juga membantu pemilik bisnis dengan cara memudahkan mereka merekam berbagai data seperti laporan penjualan, ketersediaan stok barang, hingga feedback dari konsumen dan bersifat real-time.

Dilansir dari Tech in Asia Indonesia, dalam sebuah siaran pers, Eddi Danusaputro selaku CEO Mandiri Capital menjelaskan, bahwa Bank Mandiri memiliki banyak nasabah yang bergerak di bidang UKM, dan pihaknya memiliki tujuan untuk membantu mereka berkembang. Dikesempatan yang sama pula Eddi juga memaparkan bahwa salah satu kesulitan yang ditemukannya pada UKM adalah sistem pelacakan penjualan. Menurut Eddi, banyak pemilik bisnis yang masih melakukan pencatatan penjualan secara manual. Moka dianggap sebagai partner yang tepat dan merupakan startup terbaik yang menyediakan layanan pendataan siklus penjualan untuk UKM.

Haryanto Tanjo selaku CEO dan Co-Founder MOKA juga menyampaikan, bahwasanya pendanaan ini adalah sebuah investasi strategis atau perpanjangan pendanaan seri-A yang pernah diperolehnya pada tahun 2016 silam, dan bukan merupakan pendanaan seri-B. Pendanaan ini rencananya akan digunakan untuk meningkatkan pengembangan produk.

Dalam kesempatan lain, Grady Laksmono selaku CTO dan Co-Founder Moka juga menyebutkan bahwa pendanaan ini juga akan digunakan untuk merekrut talenta terbaik.

“Yang membuat kami berbeda adalah produk yang dibangun secara lengkap untuk bisnis dan sangat user-friendly. Kami berencana untuk menggunakan dana tersebut untuk mencari talenta terbaik,” ujar Grady.