Perusahaan sistem operasi terbesar, Microsoft akhirnya menyelesaikan akuisisi terhadap LinkedIn dengan nilai $26,2 miliar atau sekitar Rp 349,45 triliun. Kedua perusahaan ini menyebutkan akuisisi tersebut telah rampung pada Kamis, 8 Desember 2016 lalu.

Di dalam sebuah catatan internal, sebagaimana dilansir dari Tech Crunch, CEO LinkedIn Jeff Weiner memaparkan bagaimana kedua perusahaan ini akan bekerja secara bersama-sama namun keduanya akan tetap berjalan secara independen. LinkedIn yang saat ini telah memiliki lebih dari 400 juta pengguna terdaftar telah menjadi situs jejaring profesional terbesar di dunia. Orang-orang banyak menggunakan layanan LinkedIn ini baik untuk menjalin hubungan kerja dengan orang lain di bidangnya, mencari pekerjaan dan bahkan untuk mencari pekerja. 

Jeff, dalam catatan internal tersebut juga mengatakan bahwa member LinkedIn tetap menjadi prioritas mereka. Mereka akan tetap fokus dalam pertumbuhan LinkedIn, namun dalam waktu dekat mereka akan memulai untuk mengintegrasikan teknologi LinkedIn dan Microsoft, seperti:

  • Identitas LinkedIn dan jaringan di Microsoft Outlook dan Microsoft Office Suite
  • Pemberitahuan LinkedIn di Windows action center
  • Memungkinkan anggota LinkedIn menyusun dokumen riwayat hidup di Microsoft Word untuk memperbarui profilnya serta untuk menemukan dan melamar pekerjaan di LinkedIn
  • Memperluas jangkauan Sponsored Content ke seluruh properti Microsoft
  • Enterprise LinkedIn Lookup didukung oleh Active Directory dan Microsoft Office 365
  • LinkedIn Learning tersedia di seluruh ekosistem Microsoft Office 365 dan Windows
  • Mengembangkan desk berita bisnis di seluruh ekosistem konten LinkedIn dan MSN.com
  • Mendefinisikan ulang social selling melalui kombinasi Sales Navigator dan Dynamics 365

Perusahaan Microsoft sendiri hingga saat ini bukanlah pemain utama di kompetisi jejaring sosial terbuka, meskipun memiliki produk dan layanan seperti Yammer atau Skype sebagai produknya, dan Microsoft telah menggelontorkan investasi yang cukup besar ke jenis produk tersebut.