Perkembangan Internet of Things (IoT) saat ini terus bertumbuh. Semakin banyak perusahaan telekomunikasi ataupun startup yang mulai berbasis IoT. Industri IoT secara umum membutuhkan persediaan perangkat dan infrastruktur yang memadai, baik dari segi ketersediaan server, cloud, maupun koneksi yang mumpuni untuk mendukung penggunaan secara maksimal.

Di level perusahaan, perkembangan IoT amat pesat dalam perusahaan telekomunikasi seperti salah satunya Indosat Ooredoo yang mengembangkan Vessel Monitoring System, yaitu sebuah sistem yang dapat memonitor pergerakan kapal dan aktivitasnya. Juga Telkomsel yang mulai menguji cobakan jaringan NB – IoT (Narrowband Internet of Things) di jaringan 4G.

Di tahun 2017 ini, industri IoT diprediksi akan lebih fokus mengarah ke sistem B2B (Business-to-Business). Co-Founder IoT.co.id, Martin Kuswandi mengatakan, ada beberapa faktor yang akan berpengaruh pada perkembangan IoT di Indonesia, yakni faktor teknis seperti ketersediaan perangkat dan kompetisi dari pemain luar dan non teknis seperti kesulitan mencari model bisnis.

Infrastruktur adalah salah satu jalan utama bagi inovasi dan terobosan teknologi di era sekarang. Peran pemerintah dan perusahaan telekomunikasi sangat dibutuhkan di sini. Semakin baik infrastruktur yang dibangun semakin mungkin Indonesia akan mendapatkan manfaat optimal dari perkembangan teknologi IoT.

Masalah frekuensi menjadi salah satu yang diharapkan dari pemerintah. Hal ini sangat diperlukan agar IoT tetap terkendali dan tidak menimbulkan masalah di kemudian hari. Ketersediaan perangkat yang terbilang masih lemah pun masih menjadi masalah bagi para pengembang IoT di tanah air. Harapannya semoga pemerintah bisa mempermudah proses import perangkat-perangkat mentah tersebut.

Salah satu perangkat yang telah terkena dampak IoT adalah Drone. Kamera udara ini diprediksi penjualannya juga akan terus meningkat di tahun 2017 ini. Harga Drone diprediksi akan semakin terjangkau dan semakin banyak pilihan levelnya. Penggunaan Drone saat ini nyatanya tidak hanya untuk industri perfilman atau hiburan saja, namun sudah merambah ke industri teknik seperti instalasi listrik sampai Drone yang dilengkapi tear gas.