ANGIN dan United Nations Development Programme (UNDP) berkolaborasi dengan Pemerintah Canada dan badan industri kreatif BEKRAF, mengumumkan peluncuran Connector.ID. Ialah sebuah platform desktop yang memungkinkan pengusaha di Indonesia untuk bisa mennemukan dan terhubung dengan calon investor startup mereka.

Baca Juga: Telkom Group Tambah Kepemilikan Saham di Tiphone

"Setelah berdiskusi dengan lebih dari 1000 pengusaha di Indonesia di dua tahun terakhir ini, kami menyaksikan kesulitan para pengusaha Indonesia dalam menemukan, memahami dan terhubung dengan sumber pendanaan potensial.Ada kebutuhan untuk bisa menyediakan akses pemodalan yang tansparan, efisien, dan cepat untuk mendukung pengusaha di Indonesia," menurut pernyataan pers oleh istitusi tersebut.

Dirilis dan tersedia secara gratis dalam Bahasa Indonesia dan English, Connector.ID siap untuk digunakan.

Ada 14 kompilasi kategori investor dan sumber pendanaan, mulai dari akselerator dan inkubator, investor dan kantor keluarga, hingga kompetisi dan penghargaan.

Untuk bisa menggunakan Connector.ID, pengguna harus mengirimkann informasi atau profil startupnya dan apa yang mereka butuhkan terlebih dahulu. Barulah mereka akan masuk ke tahap pencarian investor dan pendanaan, belajar tentang cara agar bisa terlibat dnegan mereka, menginformasikan platform yang menyatakan bahwa mereka siap untuk terhubung melalui formulir sederhana dan tim dari Connector.ID akan terhubung ke pengguna secara individual.

Baca Juga: Line Conference 2017 Umumkan 3 Fitur Menarik LINE

Connector.ID juga menyediakan berbagai tip dan materi pembelajaran bagi wirausahawan untuk memperispkkan diri agar bisa terlibat dengan para calon investor.

Versi beta dari Connector.ID ini telah memiliki rencana untuk meluncurkan fitur barunya pada JJuli 2017. Fitur barunya ini mencakup profil institusi secara rinci dan materi pembelajaran yang lebih banyak.

Baru-baru ini ekosistem startup Malaysia pun melihat peluncuran portal serupa oleh BEAM, sebutan untuk Dealflow, yakni sebuah platform yang mengizinkan pengguna untuk mengirimkan penawaran langsng ke perusahaan pemilik modal dan investasi.