Bagi Anda pengguna Instagram, mungkin pernah mengalami dilema ketika ingin mengunggah foto atau video dalam jumlah banyak ke layanan berbagi foto tersebut. Jika Anda unggah terlalu banyak foto atau video dalam satu waktu, Anda mungkin khawatir akan dianggap melakukan spam. Namun bila diharuskan untuk memilih satu atau dua foto saja untuk diunggah, maka akan ada banyak foto yang terbuang sia-sia.

Seperti menyadari akan hal tersebut, dilansir dari id.techinasia.com, tepat pada tanggal 22 Februari 2017 lalu, Instagram meluncurkan sebuah fitur baru yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah lebih dari satu foto dan video dalam sebuah post.

Konten pertama dari kumpulan foto dan video tersebut nantinya akan tampil layaknya post lain di timeline pengguna. Bila ingin melihat foto dan video lainnya, pengguna diharuskan untuk menggeser tampilan foto atau video (swipe) ke arah kiri.

Untuk menggunakan fitur tersebut, pengguna Instagram hanya perlu menekan tombol “Select Multiple” ketika akan meng-upload foto. Pengguna juga bisa memasukkan hingga sepuluh foto atau video dalam sebuah post. Setelah itu, pengguna pun bisa menentukan urutan, memberikan tag, serta mengedit foto dan video tersebut satu per satu. Karena seluruh foto dan video tersebut tampil sebagai sebuah post, maka fitur lain seperti caption, like, keterangan lokasi, dan komentar akan menjadi satu. Untuk saat ini, fitur tersebut hanya bisa memuat foto dan video yang berbentuk persegi saja.

Sebenarnya, Instagram telah meluncurkan fitur serupa di tahun 2015 silam. Namun fitur tersebut hanya bisa digunakan oleh para perusahaan yang memasang iklan (advertisement post), serta hanya bisa menampilkan maksimal lima foto dan video.

Fitur ini akan hadir untuk seluruh pengguna aplikasi Instagram di seluruh dunia, baik dalam versi Android maupun iOS, dan dalam beberapa minggu ke depan. Sampai saat ini, Instagram telah mempunyai lebih dari 600 juta pengguna aktif bulanan.