Instagram sepertinya baru saja melahirkan inovasi lagi, dan jangan heran bila ketika menggunakannya mungkin pemilik akun akan berfikir bahwa fitur ini memiliki kemiripan dari aplikasi lain. Ayo, siapa saja yang sudah meng-update aplikasi Instagram di telepon genggamnya dan mencoba fitur terbaru Instagram ini? Apa saja sih fitur terbarunya?

Setelah menghadirkan fitur Live beberapa waktu silam, Instagram kini hadir dengan tambahan fitur terbaru yaitu stiker motif yang bisa digunakan sebagai variasi pada wajah, fungsinya seperti atribut berfoto dengan dekorasi lucu layaknya topeng dengan bentuk yang unik-unik. Fitur wajah ini dapat digunakan dengan cara, melihat ikon baru di bagian bawah sebelah kanan. Klik pada ikon tersebut, seketika akan muncul pilihan filter wajah layaknya Snapchat. Saat ini tersedia delapan pilihan, di antaranya mahkota, anjing dan koala. Kita bisa menggunakan filter ini di semua fungsi Instagram Stories lainnya, yakni Boomerang, hands-free. 

Selain filter wajah, Instagram juga memberikan fungsi baru, yakni fitur Rewind. Fitur ini memungkinkan penggunanya membuat video memutar ke belakang, namun sepertinya untuk fitur ini akan sama prosesnya seperti ketika fitur Live Instagram hadir, dibutuhkan beberapa waktu hingga akhirnya bisa digunakan oleh pengguna di Indonesia. Pengguna pun kini juga dapat membubuhkan sticker hashtag. Pengguna yang akan mengunggah foto atau video, dapat menekan hastag tersebut dan mengantarnya ke laman postingan terkait.  

Dan tak ketinggalan ada satu fitur lagi yang tidak kalah unik dan mengasyikan, yakni penghapus saat menggunakan drawing tools. Jadi ketika sudah mengambil foto atau video, pilih drawing tools dan penuhi layar dengan warna. Kemudian gunakan penghapus untuk membuat sesuatu yang kreatif, misalnya tulisan atau gambar.