Setelah sekian lama menjadi isu yang sangat panas sejak pemilihan presiden Amerika beberapa waktu lalu, Facebook akhirnya menepati janjinya untuk mengambil tindakan mengenai berita hoaks yang merajalela di linimasa Facebook.

Dilansir dari situs engadget.com, Facebook mulai menandai postingan hoaks dengan label “disputed”. Label ini menandakan bahwa artikel atau berita yang dibagikan diduga berasal dari sumber yang tidak akurat dan tidak terpercaya. Kabarnya, label ini juga akan disertai dengan tautan ke pemeriksa fakta yang mana akan memberikan bukti beserta penjelasan mengenai artikel atau berita terkait.  

Adanya solusi ini jelas menjadi sebuah kemajuan dalam upaya memerangi hoaks. Solusi ini juga membuktikan bahwa Facebook cukup serius untuk menangani masalah ini. Namun rupanya, untuk menandai dengan label “disputed” ini membutuhkan proses yang sangat panjang.  

Pengguna diharuskan melaporkan berita atau artikel tersebut sebagai berita palsu terlebih dahulu, baru kemudian berita ini diverifikasi oleh organisasi pemeriksa fakta yang terdiri dari ABC News, AP, Politifact, Snopes dan FactCheck. Butuh beberapa hari hingga akhirnya label “disputed” ini dipasang, sehingga solusi ini justru dikhawatirkan akan gagal untuk mencegah penyebaran berita hoaks yang beredar sangat cepat. 

Kira-kira, bagaimana Facebook akan menanggapi hal ini, ya?