Belum berhenti dengan fitur filter wajah yang lucu-lucu, kini Instagram kembali merilis fitur baru seolah tak lelah berinovasi. Kali ini, layanan berbagi foto dan video itu menambahkan Stories berdasarkan lokasi dan tagar di menu Explore. Melalui menu Explore, kini pengguna bisa melihat apa pun yang terjadi.

Sistemnya adalah pada lokasi yang sama misalnya, ada beberapa video atau foto yang diunggah pengguna melalui Stories Instagram mereka menggunakan tagar atau stiker tag lokasi dan dirangkum menjadi satu oleh Instagram, maka seluruh pengguna di lokasi yang sama bisa melihat apa yang sedang terjadi atau sedang ada di lokasi tersebut.

Kini, ketika menu Explore dibuka, maka akan muncul konten Stories berdasarkan lokasi tertentu di bagian atas Explore, berdampingan dengan berbagai Stories lain. Pengguna juga bisa mencari Stories dengan lokasi lain, seperti Bandung, Bali, dan lokasi lain yang diinginkan. Setelah hasil pencarian lokasi selesai, hasilnya akan muncul di paling atas laman pencarian.

Tadi mengenai Stories dengan tag lokasi, sedangkan untuk tagar Stories di Explore, cara kerjanya sama dengan Stories berdasarkan tag lokasi. Pengguna bisa menemukan Stories yang menarik. Ketika pengguna mencari sebuah tagar yang diinginkan, akan muncul sebuah Stories yang diisi dengan berbagai konten menggunakan tagar yang sama.

Memang banyak konten yang muncul di Stories pada laman Explore Instagram menggunakan stiker tag lokasi dan tagar atau familiar dengan sebutan hastag. Jika pengguna Instagram mengunggah sesuatu dan menggunakan stiker tag tersebut, kemungkinan konten Stories yang diunggah akan muncul di Explore lokasi yang dirangkum menjadi satu oleh Instagram sesuai dengan keterangan hashtag atau stiket tag lokasi.

Walaupun inovasi ini terbilang baru dan masih sangat segar sehingga menimbulkan antuasias tersendiri bagi pengguna, Instagram tetap memberikan kebebasan bagi pengguna yang tidak ingin konten Storiesnya ada di Explore. Jika konten Stories pengguna muncul di Explore maka untuk mengnonaktifkannya, klik tanda "X" di daftar viewer Stories.

Stories berdasarkan lokasi dan tagar di Explore ini bisa diakses melalui Instagram versi 10.22, yang sudah tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Namun untuk diketahui, fitur baru ini belum bisa dinikmati oleh seluruh pengguna, karena Instagram merilisnya secara bertahap.