Dalam hitungan bulan, angka pengguna Instagram Stories berhasil menyentuh nilai 200 juta pengguna. Hal ini membuktikan bahwa, apa yang dilakukan Facebook dalam usahanya berinovasi walaupun harus menjegal Snapchat dengan cara menjiplak setiap fitur memang manjur. Hal ini memang sudah bukan lagi hal yang sifatnya confidential karena bukan lagi menjadi rahasia umum.

Nampaknya pencapaian kesuksesan berikutnya akan diraih oleh WhatsApp Status yang juga dirancang dengan konsep hampir serupa dengan Instagram Stories jiplakan Snapchat Stories. Dalam sebuah laporan analisa, disampaikan bahwa fitur berbagi video dan foto itu sudah digunakan kurang lebih mencapai 175 juta pengguna, lebih menakjubkannya lagi angka pencapaian ini bukan dalam hitungan bulan namun dalam hitungan hari. Pencapaian ini sudah sangat tentu membuat pihak Facebook semakin berbangga dan tersenyum lebar, karena itu berarti, misi mereka menjegal Snapchat sudah tercapai, setidaknya mengalah satu dari beberapa fitur unggulannya.

WhatsApp telah memperkenalkan fitur ala Stories Snapchat-nya ini pada bulan Februari tahun lalu dengan julukan WhatsApp Status. Inovasi ini dipandang kurang tepat oleh sejumlah pengguna, karena mengingat WhatsApp sudah sejak lama dikenal sebagai aplikasi yang sederhana, berbasis teks yang jauh dari fitur-fitur “pernak-pernik” aplikasi pesan instan. Namun nampaknya,tekad Facebook sudah bulat, tanpa banyak rintangan WhatsApp Status pun berkembang dan berjalan dengan apik.

Fitur WhatsApp Status ini juga nyatanya mendapat sambutan dari penggunanya jauh dari kata buruk seperti yang dikhawatirkan. Data laporan terbaru mengklaim angka pengguna aktif bulanan WhatsApp menyentuh angka 1,2 miliar. Melihat kesuksesan ini, tampaknya akan wajar apabila kemudian banyak yang memprediksi fitur serupa akan menorehkan pencapaian yang lebih baik di aplikasi utama Facebook dan juga Messenger.