Tanggal 19 April 2017 kemarin, Ant Financial yang adalah afiliasi dari Alibaba untuk mengoperasikan Alipay mengumumkan kalau saat ini pihaknya telah menggabungkan diri dengan HelloPay Group, perusahaan di balik layanan pembayaran online yang dimiliki oleh Lazada.

Diperkirakan sekitar setahun yang lalu, e-commerce Cina terbesar Alibaba telah memulai strategi untuk menguasai pasar Asia Tenggara melalui upaya akuisisi Lazada dengan nilai akuisisi sebesar 1 miliar dolar Amerika atau sekitar 13 triliun rupiah. Seirama dengan proses tersebut, pihaknya pun juga mulai mengintegrasikan layanan yang dimilikinya dengan berbagai layanan yang disediakan oleh Lazada, langkah ini diawali dengan layanan pembayaran Alipay.

Setelah dengan secara resmi mengumumkan hal tersebut, HelloPay pun akan berubah nama sesuai dengan nama negara di mana mereka beroperasi, seperti Alipay Indonesia, Alipay Singapura, Alipay Malaysia, dan Alipay Filipina. Seluruh tim dari HelloPay pun akan bergabung dengan Ant Financial di kantor mereka yang berada di Singapura.

Dilansir dari Tech in Asia, pada bulan Agustus 2016 yang lalu, Co-CEO Lazada Florian Holm sebelumnya telah mengabarkan rencana penggabungan Alipay ke dalam HelloPay. Pada saat itu, ia menyatakan kalau pengalaman Alipay di bidang keamanan pembayaran dan deteksi penipuan menjadi alasan di balik penggabungan tersebut. Holm juga berujar bahwa, Alipay merupakan layanan dompet digital terbesar dan tercanggih di dunia saat ini.