Setelah berhasil mengelola Digital Innovation Lounge (DILo) di 16 titik seluruh nusantara melalui program Indigo Creative Nation (ICN), Telkom Indonesia bekerjasama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia meluncurkan DILo yang ke-17 di Jakarta pada hari ini tanggal 17 Januari 2018. 

DILo sendiri merupakan bagian dari program Indigo Creative Nation persembahan Telkom Indonesia sebagai "The Most Complete Startup Program in Indonesia”. 

DILo dirancang sebagai creative camp sekaligus co-working space bagi para pelaku industri kreatif khususnya para talenta digital sebagai cikal bakal startup.

Indigo Creative Nation mempunyai 3 tahap, yaitu sebagai Creative Camp (membina talent melalui DILo), Creative Center (inkubasi startup melalui Digital Valleys & mentoring) dan Creative Capital (mendapatkan penyertaan dana lanjutan atau biasa disebut dengan “Follow on Funding” yang diakomodir oleh Metra Digital Innovation [MDI], anak perusahaan yang dibentuk Telkom Indonesia sebagai Corporate Venture Capital)

DILo ke-17 yang tidak dikenai biaya bertempat di Wisma Menpora lantai 2, komplek Kemenpora Senayan Jakarta ini menyediakan ruang kerja kreatif terbuka untuk publik (co-working space), empat class rooms berbagai ukuran dengan kapasitas mulai dari 20 orang hingga 500 orang, outdoor lounge yang luas, lengkap dengan mini coffee shop di ruangan terbuka.  

Selain itu DILo Kemenpora juga akan mengadakan berbagai kegiatan yang mengasah kreativitas digital untuk para pemuda baik itu berupa seminar, workshop, dan lainnya.

Menteri Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, dalam sambutannya berharap bahwa DILo ke-17 ini bisa memberdayakan pemuda Indonesia khususnya di bidang startup digital sehingga melahirkan “Digitalpreneur” baru. Apalagi Indonesia sudah mengalami bonus demografi sejak 2012 dengan meningkatnya proporsi penduduk usia produktif hingga 68,1 persen yang berklimaks pada tahun 2028 - 2030.

Sebelumnya Direktur Consumer Service Telkom Indonesia, Mas’ud Khamid, juga menyatakan dalam sambutannya bahwa selain untuk menumbuhkan “Digitalpreneur” baru, besar harapannya DILO Kemenpora juga bisa melatih para “Digitalpreneur” ini sehingga membuat inovasi dengan bantuan pembiayaan dari Telkom Indonesia hingga mencapai Rp 2 Milyar.

Pejabat penting lainya yang hadir pada launching DILo Kemenpora ini antara lain Ery Punta (Deputy Executive General Manager Digital Service Division PT. Telekomunikasi Indonesia), Prof. Dr. Faisal Abdullah, S.H.. M.Si., DFM (Deputi Bidang Pemberdayaan Pemuda), dan Gatot Sulistiantoro Dewa Broto (Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga).

Pada kesempatan kali ini juga, Telkom Indonesia menampilkan empat startup binaannya yang tergabung dalam Indigo.id, program inkubasi dan akselerasi startup, pada sesi pitching, yaitu Lora.id, Ticbox, Aplify, & eGuards.

Keempat startup lintas angkatan program Indigo.id ini berhasil melahirkan inovasi yang mendukung program pengembangan kepemudaan dan olahraga sesuai dengan semangat yang diusung DILo Kemenpora.

Selain DILo, Indigo.id juga memiliki tiga “Digital Valley” (Diva) di Bandung, Jakarta, dan Yogyakarta sebagai creative camp yang diutamakan untuk para startup binaan Indigo.id dan tersebar di tiga kota besar tersebut. Bahkan, tidak lama lagi Indigo.id juga akan meluncurkan Diva ke-4 di Makassar dan DILo yang ke-18 di Padang.