Anda pengguna smartphone? Tentunya Anda juga menggunakan aplikasi WhatsApp atau biasa disebut dengan singkatan WA. Namun ada yang perlu menjadi perhatian, yaitu gadget apa yang Anda gunakan saat ini. Sebab, menyambut pergantian tahun nanti WhatsApp bersiap untuk menonaktifkan diri di beberapa jenis smartphone. Dilansir dari situs blog resmi WhatsApp, pihaknya menarik diri dari beberapa jenis gadget seluler, diantaranya adalah BlackBerry OS dan BlackBerry 10, Nokia S40, Nokia Symbian S60, Android 2.1 dan Android 2.2, Windows Phone 7, dan yang terakhir iPhone 3GS/iOS 6. Bagi yang menggunakan gadget besutan Apple yaitu Iphone dengan iOS yang sudah disebutkan, artinya, tepat pada awal 2017 mendatang iPhone 3GS tidak akan bisa dipakai untuk WhatsApp-an lagi. Begitu juga dengan iPhone 4, apabila masih menggunakan sistem operasi iOS 6. Namun jangan khawatir, iPhone 4 sebenarnya masih punya pilihan lain. Setidaknya, penggunanya bisa mengupdate OS-nya, maksimal hingga iOS 7.1.2, agar tetap bisa berkirim pesan menggunakan aplikasi WhatsApp.

Dalam blog resminya, WhatsApp juga menyampaikan bahwa, keputusan untuk menonaktifkan layanannya di beberapa gadget itu adalah keputusan yang cukup berat. Namun hal itu perlu dilakukan mengingat bahwa sistem dari perangkat-perangkat tersebut sudah tidak lagi mampu menyesuaikan terobosan yang terus diusung oleh WhatsApp.

Jadi, jika Anda menggunakan salah satu dari perangkat seluler yang terkena dampak dari keputusan kami ini, kami merekomendasikan agar Anda meningkatkan ke perangkat Android, iPhone, atau Windows Phone yang lebih baru sebelum akhir tahun 2016 agar dapat terus menggunakan WhatsApp,

Namun, jangan khawatir jika Anda belum rela untuk melepaskan gadget lama Anda karena berbagai faktor dan alasan, karena masih ada waktu yang disiapkan oleh WhatsApp. Menurut kabar terkait, WhatsApp memperpanjang dukungan untuk OS BlackBerry, BlackBerry 10, Nokia S40 dan Nokia Symbian S60 hingga 30 Juni 2017.