Komitmen Indigo untuk menjadi Incubator & Accelerator terbaik kembali dibuktikan dengan mengirimkan personil tim Indigo ke San Fransisco pada 9 – 12 November 2016. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk enhance kapabilitas tim Indigo. Pendalaman training disini terkait dengan Corporate Innovation, Startup Accelerator dan engaging dengan Startup Ecosystem di San Fransisco untuk mendukung para startup Indigo dalam berinovasi yang dapat memberikan dampak positif bagi ekosistemnya. Dalam kesempatan ini, tim Indigo berdiskusi kembali dengan para Top Startup Accelerator di Amerika Serikat versi Seed Accelerator Rangkings Project, dua di antaranya yaitu 500 Startups dan Alchemist Accelerator. 

Faktanya, dalam seleksi startup untuk mengikuti program akselerasi, salah satu hal utama yang dilihat oleh Top Accelerator adalah tim yang kuat. Tentunya seluruh startup pun ingin berhasil dengan memiliki tim yang kuat. 

Nah, apakah kamu sudah memiliki tim yang kuat? Yuk recall lagi apa saja yang dibutuhkan oleh startup kamu untuk membangun tim yang kuat. Checklist ini dijadikan acuan bagi Indigo dalam melihat kuatnya tim kamu dan hal ini pun diamini oleh para expert startup accelerator di San Fransisco lho!

Yuk simak dua poin utama berikut:

1. Komposisi utama founder yang harus dimiliki startup

Sebagai startup, kamu harus memiliki founder yang minimalnya terdiri dari:

  • Hustler, The Visionary CEO dari startup kamu, orang yang memiliki visi dari dari startup dan produk yang dibangun.
  • Hacker, The Technologist CTO atau VP Development, yang memiliki peran utama dalam menjalankan fungsi product management, product development dan product architecture.
  • The (Sales) Leader Role yang dijalankan yaitu product marketing, strategi Go-To-Market, Marketing Communication dan Sales. Kedepannya orang ini bisa mengajak expert dari industri untuk bergabung dalam memperkuat strategi bisnis startup kamu.

Di Indigo, komposisi yang disarankan bahkan lebih lengkap dari benchmark yang diterapkan di Sillicon Valley, yaitu ketiga komposisi di atas ditambah dengan Hipster, design related, orang ini memiliki kemampuan design yang mampu menerjemahkan keinginan user ke dalam user experience dan user interface yang menarik sehingga call to action yang diharapkan dari customer berhasil dicapai.

Apakah startup kamu sudah memiliki komposisi founder seperti ini? Jika belum, segera lengkapi, ajak orang-orang terbaik sebagai bagian dari tim kamu. Datang ke acara-acara meetup startup akan sangat membantu kamu dalam mendapatkan co-founder kamu.

2. Fungsi kritis yang harus ada di tim startup

Selanjutnya apabila kamu sudah memiliki komposisi utama tim founder, kamu perlu tahu fungsi kritis apa saja yang harus berjalan dengan baik dalam tim kamu dalam membangun sebuah produk, yaitu:

  • Product Manager

Bertanggung jawab dalam pembuatan MVP dan Roadmap Produknya. Output yang harus dihasilkan dari fungsi ini yaitu Functional Requirement Document yang berisi Feature, Wireframe, Mockup dan relevansi terhadap Competitor Landscape & kebutuhan dari customer-nya. Dokumen ini sebagai dasar dari tim arsitektur & development membangun MVP dan mempersiapkan fungsi teknis untuk scaling roadmap dari produknya.

  • Product Marketing

Fungsi yang bertanggung jawab untuk membuat pesan utama yang ingin disampaikan produknya, bagaimana positioning produk di market, fungsi dari strategi Go-To-Market ada disini. Output yang dihasilkan dikirim kepada fungsi Marketing Communication.

  • Marketing Communication

Selanjutnya fungsi ini melakukan komunikasi eksternal berupa campaign mengenai produknya berdasarkan strategi Go-To-Market yang dibuat oleh fungsi Product Marketing.

Sudahkah tim kamu menjalankan fungsi ini dengan baik? Jika belum, terus gali pengetahuan & kapabilitas tim kamu. Banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dengan bergabung dengan Incubator & Accelerator terbaik. Di Indonesia kamu bisa bergabung dengan Indigo Creative Nation. Dengan menjadi bagian dari Indigo Creative Nation, kamu bisa berkonsultasi dengan para mentor dari jaringan mentor yang dimiliki oleh Indigo untuk dapat menjalankan fungsi-fungsi startup kamu dengan baik, mulai dari bagaimana mencapai product-market fit, hingga berhasil di tahap scaling.

Jangan tunda keberhasilan startup kamu! Persiapkan tim kamu sebaik-baiknya, temukan product-market fit dan daftarkan pada Indigo Creative Nation di batch berikutnya. Kamu bisa mendapatkan akses dukungan untuk membantu startup kamu berhasil di tahap product-market fit dan scaling yang dapat berkompetisi secara lokal dan global, lho! Dan tentunya, stay tune terus di portal indigo.id untuk mendapatkan berbagai update di bidang digital business dan info pembukaan registrasi batch berikutnya! #DigitalizingIndonesia