Amerika Serikat setiap tahunnya selalu menyelenggarakan festival industri kreatif yang dikenal dengan nama South by South West (SXSW). Hal yang menarik pada acara SXSW tahun ini adalah Indonesia turut serta meramaikan festival ini. Badan Ekonomi Kreatif atau Bekraf Republik Indonesia mengajak beberapa startup milik anak bangsa untuk hadir pada acara tersebut.

Pada acara yang akan diadakan di Austin tanggal 10-19 Maret mendatang, Indonesia rencananya akan menempati sebuah area khusus sehingga para startup undangan dari Indonesia diharapkan dapat memamerkan karya mereka serta berinteraksi dengan para pelaku industri kreatif dari negara lain. Dengan begini, reputasi dan kredibilitas startup tanah air akan semakin terdengar di mancanegara.

Terdapat 8 startup Indonesia yang terpilih untuk mewakili Indonesia pada ajang perkenalan pelaku industri kreatif di Amerika Serikat. Mereka adalah GO-JEK, AR&Co, PicMix, Qlue, Happy5, Kostoom, Kuassa, Digital Happiness. Tiga startup yaitu GO-JEK, AR&Co dan PicMix menerima undangan khusus dari Bekraf sedangkan lima startup lainnya dipilih melalui proses seleksi. Ingin mengetahui profil singkat mengenai kedelapan startup tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

GO-JEK

Siapa yang tidak kenal GO-JEK, startup kelas unicorn ini telah memberikan banyak manfaat bagi pelayanan fasilitas transportasi online di tanah air.

AR&Co

AR&Co merupakan perusahaan pengembang teknologi augmented reality (AR) yang telah beroperasi sejak tahun 2009. Saat ini AR&Co tengah menjalankan proyeknya di berbagai negara, seperti Asia, Eropa, hingga Afrika.

PicMix

Dengan aplikasi PicMix, Anda dapat mengedit serta berbagi konten dalam bentuk gambar atau video. Selain itu, PicMix saat ini juga sedang mengembangkan platform pencarian konten dan social commerce.

Qlue

Aplikasi Qlue memungkinkan Anda untuk dapat melaporkan segala keluhan terkait pelayanan pemerintah atau pihak swasta secara online.

Happy5

Happy5 merupakan aplikasi yang dicintai oleh para karyawan. Pasalnya, dengan aplikasi ini para karyawan di berbagai perusahaan tidak hanya dapat mengungkapkan perasaan mereka, tapi juga bisa mengomentari pekerjaan karyawan lain serta memunculkan ide-ide menarik bagi perusahaan.

Kostoom

Ingin menjahit baju tanpa harus keluar rumah? Kostoom solusinya! Anda hanya perlu mengirim desain pakaian yang diinginkan, selanjutnya pihak Kostoom akan membuatkannya dan mengirimkan hasilnya ke alamat Anda.

Kuassa

Kuassa adalah metamorfosis sebuah blog yang kini telah menjadi perusahaan startup yang bergerak di bidang industri musik. Perusahaan yang didirikan pada tahun 2009 itu telah memiliki pelanggan tetap di wilayah Amerika Serikat, Jerman, Australia, dan Jepang.

Digital Happiness

Pernah dengar game horror bernama DreadOut? Digital Happiness merupakan perusahaan studio game asal Bandung yang menciptakan game tersebut.