Instagram memang sudah bukan media sosial yang asing bagi masyarakat dan orang-orang yang menggunakannya. Dan bagi online shop tentunya, Instagram memberikan kemudahan dengan nilai dan hasil lebih baik yang tentunya sangat membantu penjualan. Namun berjualan di Instagram tidak hanya sekadar mengunggah gambar lalu memberi caption begitu saja, tentu ada strategi agar berjualan di Instagram dapat meningkat.

Sisipkan penawaran menarik

Di akun Instagram yang digunakan untuk mempromosikan atau menjadikannya akun katalog penjualan ada baiknya apabila dalam akun tersebut juga disisipkan penawaran-penawaran penjualan yang menarik. Tidak ada pengguna Instagram yang tidak menyukai hal yang menarik, terutama jika akun Instagram yang menyuguhkan katalog penjualan menampilkan penawaran khusus yang sesungguhnya telah dinantikan oleh pengikut-pengikutnya. Penawaran menarik ini tidak harus disisipkan setiap hari, namun dengan pertimbangan yang cukup matang, hal ini bisa disisip kan secara unik juga, misalkan potongan harga 2% atau potongan harga 20.000 per item dengan minimal pembelian senilai 500.000 dalam rangka merayakan hari jadi online shop yang ke dua tahun.

Baca Juga: Mau Promosi Startup Lewat Media Sosial? Gunakan 3 Cara Ini!

Ciptakan “magnet” sendiri

Magnet secara harafiah magnet memang memiliki kemampuan untuk menarik hal-hal yang memiliki unsur besi. Namun kata magnet di sini memang memanfaatkan arti harafiah tersebut dan “magnet” yang dimaksudkan adalah unsur yang bisa menjadi daya tarik. Orisinalitas memang menjadi penting, terutama bila akun penjualan di Instagram memiliki daya tarik tersendiri atau malah keunikannya tersendiri. Hal ini tidak selalu mengacu pada tampilan saja namun juga pada isi dari akun itu sendiri. Tidak ada salahnya lho menggabungkan foto produk dengan konten lain yang misalkan berisi artikel informatif yang berkaitan tentunya. Contohnya, apabila akun penjualan menyediakan produk sepatu, jadwalkan juga untuk penge-post an konten yang berisikan informasi seputar sepatu. Informasi tersebut bisa diletakan di bagian caption.

Buat daftar ide tentang “magnet”

Masih soal “magnet” dalam akun Instagram penjualan. Gagasan-gagasan mengenai isi dari “magnet” tersebut juga perlu dirancang. Hal ini perlu dilakukan agar akun Instagram bisa memiliki konsistensi dan tidak menimbulkan kesan “asal-asalan”. Daftar ide ini juga harus terintregasi dengan jadwal unggahan produk, agar segalanya bisa memiliki struktur dan tidak membuatnya berantakan atau unggahan yang sama terupload lagi. Buatlah checklist and plans dalam serta carilah source yang menarik dan kira-kira sesuai.

Baca Juga: Dark Social vs Media Sosial. Apa Bedanya?