Pemanfaatan dunia digital sebagai lahan mata pencaharian seolah menjadi primadona di era sekarang ini. Segala yang dilakukan di dunia digital pasti juga membutuhkan komponen pendukung untuk menjalankannya. Salah satu yang terpenting adalah internet.

Baca juga: Beberapa Pertimbangan yang Perlu Anda Perhatikan Sebelum Melakukan Kerjasama Bisnis

Pengaplikasian internet dalam dunia digital business salah satunya adalah berupa Internet Marketing. Bagi sebagian orang, mengerjakan Internet Marketing mungkin adalah hal yang mudah, namun tidak sedikit pula orang yang belum mengetahui apa-apa saja do and don’t dalam Internet Marketing.

1. Landing Page

Landing page merupakan tempat dimana pengunjung atau pelanggan dapat melihat secara lengkap seperti apa bisnis Anda. Biasanya landing page hadir berupa website yang terkoneksi dengan saluran-saluran seperti sosial media untuk membantu pendistribusian dan pengoptimalisasian landing page tersebut.

Buatlah penataan yang sesuai dengan kaidah UI/UX sebuah website yang dapat membuat landing page Anda lebih nyaman untuk dilihat dan dikunjungi. Seperti pisahkan laman khusus untuk iklan yang ada dalam landing page Anda. Jangan menaruh iklan di sembarang laman pada landing page Anda. Hal tersebut akan membuat website Anda Nampak kotor dan tidak tertata.

2. Konten

Konten merupakan salah satu hal penting yang harus ada pada website bisnis Anda. Apa yang akan dibaca pelanggan ketika berkunjung ke website Anda kalau tidak ada konten? Ada baiknya, Anda berfokus pada satu konten yang ingin dibahas dalam website Anda, hal ini dapat memudahkan pengguna untuk memahami apa maksud dan tujuan website Anda.

Buatlah konten yang sesuai dengan segmentasi pelanggan. Gunakan bahasa yang sesuai dan dapat membuat konsumen betah berlama-lama mengakses website Anda. Jangan terlalu banyak basa-basi dan membicarakan hal yang tidak penting. Buatlah konten yang simple yang berisikan pembuka, isi dan penutup yang related dengan fokus tulisan Anda.

3. Hubungan Erat Konten Dengan Iklan 

Iklan dan konten adalah dua hal yang memiliki keterikatan dalam Internet Marketing. Iklan akan semakin mudah dipahami maksudnya apabila menjadi bagian dalam sebuah konten. Buatlah konten dengan tujuan yang sama dengan iklan tersebut. Jangan membuat judul atau headline konten yang tidak related dengan iklan yang akan dipasang.

4. Fokus Pada Keuntungan Bagi Konsumen

Masukkan Call To Action (CTA) yang berkaitan dengan produk bisnis Anda dengan memperhatikan keuntungan apa yang akan diperoleh oleh konsumen apabila menggunakan produk Anda tersebut. Bahasan ini biasanya ada pada konten ataupun iklan yang dibahas. Jangan terlalu banyak menjelaskan spesifikasi produk Anda. Cukup dengan membuat poin-poin spesifikasi saja.

5. Foto

Website Anda tentu akan lebih menarik apabila dihiasi dengan foto-foto produk yang Anda jual. Konsumen juga akan lebih mudah mengenali produk Anda lewat foto. Tampilkan foto dengan kualitas HD yang mampu membuat mata pengunjung betah melihatnya. Tunjukkan berbagai keunggulan produk Anda dalam foto tersebut. Jangan sekali-kali memajang foto dengan kualitas rendah. Hal ini dapat membuat pengunjung tidak bisa melihat keunggulan produk Anda dan ragu untuk membeli.

Baca juga: Apa Itu ROI dan Bagaimana Cara Menghitungnya?

Hal-hal diatas merupakan beberapa hal penting yang harus Anda ketahui dalam sebuah Internet Marketing. Ada banyak hal lain yang sebenarnya perlu juga untuk Anda perhatikan, seperti kemudahan akses website, link yang jelas serta perencanaan marketing yang luwes.