Di era digital seperti ini, siapa sih yang tidak memanfaatkan media sosial untuk berjualan? Hampir semua brand yang bergerak di berbagai industri memanfaatkan medsos untuk memperkenalkan produk mereka kepada lebih banyak orang dengan mengeluarkan lebih sedikit uang. Kamu, pengusaha startup Indonesia, tertarik untuk melakukan hal yang sama? Yuk perhatikan poin-poin penting agar bisa memanfaatkan medsos sebagai media pemasaran!

1. Fokus

Ketika perusahaanmu fokus untuk menciptakan dan mengembangkan produk di satu bidang industri, kamu juga harus melakukan hal yang sama terhadap medsos perusahaan. Sampaikan konten-konten spesial yang terkait dengan produk yang kamu pasarkan. Dengan begitu, akun medsos perusahaanmu akan lebih dikenal dengan spesialisasinya sendiri, dan secara otomatis perusahaan dan produkmu juga akan lebih dikenal.

2. Perhatikan Kualitas

Standar konten berkualitas tinggi sangat mudah dihitung. Jumlah reach, engagement, dan impressions yang tinggi menunjukkan kualitas konten yang tinggi juga. Jadi, cukup posting 2-3 konten perminggu yang menghasilkan engagement yang tinggi daripada posting 2-3 konten perhari tapi tidak ada interaksi yang terjalin antara konten dan followers/fans medsos.

3. Sabar

Pemasaran produk melalui konten media sosial hampir mustahil memberikan pengaruh secara langsung. Meski begitu, efektivitas media sosial tidak perlu diragukan lagi. Oleh karena itu, bersabarlah dan tanamkan komitmenmu pada hasil yang lebih besar meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama.

4. Tambahkan Nilai

Media sosial bukanlah tempat yang tepat untuk melakukan hard selling. Oleh karena itu, sisipkan konten-konten bernilai tinggi agar bermanfaat kepada para followers/fans-mu. Jangan terlalu memikirkan keuntungan penjualan dari media sosial, fokuslah untuk membangun keakraban kepada para followers/fans-mu yang bisa jadi merupakan pelangganmu di dunia nyata.

5. Siap setiap saat

Salah satu unsur penting dalam penggunaan media sosial adalah kedekatan. Daripada sekadar posting konten, kamu juga harus berinteraksi kepada para followers/fans-mu. Dengan begitu, mereka akan lebih merasa dihargai dan perusahaanmu akan memiliki nilai lebih di mata mereka.

Mulai sekarang, kelola media sosial dengan baik dan benar agar produk dan perusahaanmu memiliki nilai lebih di masyarakat. Bisa jadi, akun media sosialmu menjadi poin penting dalam penilaian para startup investor untuk menanamkan modalnya pada perusahaanmu, lho. Yuk, manfaatkan media sosial untuk mendapatkan venture capital Indonesia!