Sebagai seorang pemimpin, Anda pasti menginginkan perusahaan Anda terus menunjukkan perkembangan yang baik, bukan? Untuk mencapai hal tersebut memang proses yang akan dilalui pasti tidaklah mudah. Namun, ada beberapa cara yang dapat Anda terapkan agar startup Anda bisa menuju ‘next level’.  

4 Cara ini bisa Anda terapkan untuk membuat startup Anda menuju “The Next Level” 

Terapkan Sistem Kerja Baru

Pada masa-masa awal pembangunan startup, jumlah anggota dalam tim yang Anda butuhkan mungkin tidka terlalu banyak. Hanya sekedar untuk mengisi posisi-posisi penting saja. Namun ketika startup Anda sudah mulai berkembang, pastilah ada berbagai tambahan pekerjaan yang membutuhkan semakin banyak orang dalam tim. Bertambahnya anggota tim berarti Anda harus menerapkan sistem kerja baru untuk tim dengan skala yang lebih besar.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Fokus Membangun Tim Itu Penting

Tumbuhkan Kepercayaan

Anda tidak perlu selalu turun tangan pada setiap pekerjaan di perusahaan Anda. Buat apa Anda memiliki tim kalau semua pekerjaan masih Anda lakukan sendiri? Di tahap ketika startup sudah mulai berkembang, serahkan pekerjaan pada tim. Percayakan segala urusan pengembangan pada tim. Anda sebagai pemimpin hanya perlu memikirkan inovasi serta visi misi perusahaan untuk kedepannya.

Komunikasi yang Lancar

Komunikasi merupakan kunci dari terjalinnya hubungan yang baik antar pemimpin dengan tim, pelanggan, dan investor. Komunikasikan segala kendala, permasalahan, perkembangan dan pencapaian kepada pihak-pihak terkait. Hal tersebut akan menciptakan kolaborasi yang baik antara perusahaan dengan pihak-pihak tersebut.

Siapkan Rencana Jangka Panjang

Salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika startup sudah mulai berkembang adalah penyusunan rencana jangka panjang. Libatkan tim ketika menyusunnya. Berikan kebebasan pada tim untuk mengemukakan pendapat dan ide yang mereka miliki. Sinergi yang baik antar tim dan perusahaan akan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Dalam hal ini Anda harus membuat target pencapain baru untuk perusahaan agar dapat menuju ‘next level’ atau setidaknya bertahan dalam pencapaian sekarang ini.

Baca Juga: 4 Hal Ini Bantu Minimalisir Pembajakan di Startup

Itulah beberapa tips untuk dapat meningkatkan status startup menjadi ‘next level’. Selamat mencoba!