Pada Kamis (12/03) malam telah terselenggara sharing session pertama kolaborasi antara Indigo Creative Nation dengan Deep Tech Foundation yang mengangkat topik “How to Create MVP for Your Ideas”.

Deep Tech yang memiliki visi memberdayakan orang-orang dengan keterampilan teknologi untuk transformasi digital di Indonesia ini bukanlah wajah baru bagi Indigo Creative Nation mengingat tahun 2019 silam kami sempat berkolaborasi dalam suatu workshop

Riza Fahmi (Chief Evangelist & Co-Founder Hacktiv8 Indonesia) yang menjadi pembicara mengawali sharing session dengan pemaparan kompilasi sejarah Facebook, Zappos, Twitter, Amazon, dan Dropbox dalam membuat produk mereka bahwa MVP (Minimum Viable Product) itu bukanlah produk yang belum jadi, tetapi produk yang sudah jadi namun dengan fitur minimal (itulah alasan mengapa diawali dengan kata pertama “Minimum”).

Baca juga: [LIPUTAN] Workshop Indigo ke-13 Membahas Basic Data Science for Startups

Salah satu dari tujuan dengan adanya MVP yaitu untuk membuat sesuatu yang memang konsumen inginkan. Apalagi berdasarkan data dari CB Insights bahwa membuat produk yang tidak diperlukan konsumen merupakan alasan utama mengapa sebuah startup itu gagal (42%), disusul dengan habisnya dana untuk menjalankan startup (29%), dan tim startup yang tidak tepat (23%).

Tujuan selanjutnya dari adanya MVP adalah agar para startup fokus terlebih dahulu pada satu inti ide dari produk startup yang tengah dikembangkannya, sehingga memiliki peluang untuk diuji di pasar demi memperoleh berbagai feedback dengan segera, akhirnya produk startup tersebut bisa melakukan perbaikan cepat yang ramah budget.

Semua materi terkait MVP saat itu disampaikan menggunakan perspektif pembicara sebagai seorang software developer. Sehingga ilmu yang dibagikan kepada para peserta tidak perlu diragukan lagi, mengingat dalam perjalanan karirnya, pembicara telah melakukan banyak hal terkait pengembangan produk.

Acara yang berlangsung dari pukul 18.00 hingga 21.00 ini, diakhiri dengan live coding pembuatan MVP serta sesi tanya jawab dengan pembicara melalui Insta Story di Instagram @indigo4nation yang merupakan pengalaman pertama kalinya bagi Indigo .