Pada era ini, khususnya di wilayah ibu kota dapat dijamin tidak ada satu orang pun yang mampu bertahan hidup tanpa koneksi internet ataupun Wi-Fi. Jika dulu mempercepat koneksi WiFi/Wi-Fi hanya terdapat di kafe bintang lima, area perkantoran dan hotel saja, saat ini hampir setiap rumah memiliki Wi-Fi sendiri. Tentu saja koneksi internet melalui Wi-Fi sangat membantu dan menunjang aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Namun tidak jarang keluhan datang dari para pengguna Wi-Fi yang merasa koneksinya sangat lambat. Jika Anda sering mendapat pengalaman yang sama, Anda perlu melakukan 10 hal berikut ini untuk mengatasinya, seperti yang dikutip dari Kompas Tekno berikut ini.

Baca juga: Hal-hal yang Harus Diketahui oleh UKM Terkait Peretasan Bisnis di Dunia Maya

Periksa posisi router

Berikan tempat spesial bagi router, yaitu di tengah-tengah ruangan. Dengan demikian, sinyal Wi-Fi akan mampu menjangkau dengan seimbang. Sebaiknya jangan meletakkan router di dekat jendela, karena sinyal Wi-Fi akan bergerak keluar ruangan dan terbuang sia-sia.

Atur antena

Pastikan antena router agar tetap berdiri tegak, ini akan membantu koneksi Wi-Fi mengalir dengan benar. Posisi antena juga mempengaruhi Wi-Fi dalam menjangkau seluruh sisi ruangan.

Ganti password secara berkala

Jangan malas mengganti password Wi-Fi Anda secara berkala. Mengapa demikian? Pasalnya, password tersebut akan sangat mudah diketahui orang lain, misalnya tetangga. Mereka yang mengetahui password Wi-Fi Anda akan rajin memanfaatkan aliran tersebut yang menyebabkan koneksi menjadi lambat.

Update perangkat lunak

Selain password yang perlu diubah secara berkala, perangkat lunak penunjang Wi-Fi pun perlu diperbaharui selama beberapa waktu. Hal ini berguna untuk meningkatkan layanan perangkat tersebut dan juga menghilangkan kesalahan yang terjadi pada perangkat lunak itu.

Jauhkan modem dari alat eletronik lain

Sinyal Wi-Fi akan terganggu jika terdapat alat elektronik lain di sekitarnya, misalnya televisi, microwave, dan telepon genggam. Perangkat elektronik tersebut dapat menganggu sinyal elektromagnetik dari modem dan mengakibatkan sinyal melemah.

Letakkan router di tempat terbuka

Sebisa mungkin letakkan router di tempat yang terbuka. Jika Anda meletakkannya di dalam lemari atau di bawah meja akan membuat sinyal terhalangi dan tidak dapat menjangkau seluruh ruangan.

Hindari meletakkan router di lantai

Tempat yang tinggi sebenarnya baik untuk meletakkan router, hal ini disebabkan oleh semakin tinggi posisi router maka akan semakin lancar alirannya ke arah bawah. Selain itu, jika router diletakkan di lantai yang terbuat dari semen, beton atau logam akan sulit ditembus oleh sinyal router.

Lakukan speed test

Melakukan speed test selain untuk mengetahui kekuatan sinyal, juga berfungsi untuk mengetahui penyebab permasalahan koneksi Wi-Fi di tempat Anda berada. karena belum tentu permasalahan koneksi Wi-Fi semata-mata hanya disebabkan oleh pengguna, namun juga faktor dari penyedia layanan tersebut.

Gunakan secara bergantian

Untuk memaksimalkan kinerja Wi-Fi, Anda dapat memanfaatkannya secara bergantian dengan pengguna lain. Semakin banyak pengguna maka semakin lambat koneksi yang dialirkan oleh Wi-Fi tersebut.

Perbaharui router

Setiap benda pada dasarnya memiliki umur dan kekuatannya masing-masing. Hal terakhir yang perlu dilakukan jika koneksi Wi-Fi Anda tetap lambat adalah dengan mengganti router tersebut dengan yang baru.

Baca juga: Jaga Rahasia Pribadi Anda di Dunia Online dengan Cara Berikut

Nah, sekarang Anda sudah tahu tips mengatasi koneksi Wi-Fi yang lambat, kan? Jika ada kendala Wi-Fi lambat di rumah, maka Anda sudah bisa mengatasinya sendiri sekarang.