Memiliki gadget dengan teknologi canggih memang menguntungkan karena cukup meringankan pekerjaan sehari-hari yang biasa dikerjakan secara konvensional. Lantas, apa saja kah gadget yang Anda miliki? Smartphone? Laptop? atau perangkat gadget yang lain? Bila Anda menggunakan laptop untuk membantu menuntaskan pekerjaan sehari-hari, apakah Anda salah satu yang memasang selotip pada webcam laptop untuk mencegah peretasan? Bila iya, ternyata cara ini belum cukup ampuh, ada cara lain yang membuat gadget Anda dapat menjadi korban peretasan. Mungkin terdengar asing bagi Anda, bahwa perangkat sounding untuk laptop dapat menjadi jalan peretasan. Setelah menaruh selotip pada webcam, agaknya disarankan untuk meniru kebiasaan dari founder Facebook, Mark Zuckerberg yaitu menempelkan selotip pada speaker. Wah ada apa ya?

Seperti yang dilansir pada id.techinasia.com, ternyata speaker, headphone, atau perangkat sounding lain terkait dengan laptop bisa menjadi akses yang mudah untuk diretas. Saat laptop atau PC diretas dengan malware yang mengeksploitasi speaker, peretas bisa dengan bebas mendengarkan pembicaraan yang terjadi di ruangan tersebut. Parahnya lagi, peretasan ini tetap bisa dilakukan sekalipun laptop sudah dibongkar untuk melepas komponen audio tersebut. 

Baca juga: Inilah Ciri-Ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya

Peretasan melalui earphone dan headset 

Dilansir dari Wired, sudah dilakukan sebuah penelitian terhadap peretasan ini oleh peneliti dari Universitas Ben Gurion, Israel yang melakukan demo mengenai proses peretasan melalui earphone dan headset. Melalui demo ini, menunjukkan bagaimana sistem suara pada perangkat laptop diretas, bahkan walaupun sudah mematikan fasilitas mikrofon atau bahkan melepasnya dari perangkat laptop.

Sistemnya adalah, jika hardware audio dilepas, malware akan memanfaatkan earbud earphone atau headphone menjadi mikrofon. Ini berlaku juga untuk earphone atau headphone tanpa mikrofon. Malware ini bisa mengubah getaran di udara menjadi sinyal elektromagnetik agar bisa menangkap suara di ruangan. Saat ini juga banyak tutorial yang menunjukkan bagaimana cara untuk bahwa earbud earphone dan headset memang bisa digunakan sebagai mikrofon. Earbud pada earphone dan headset mengubah sinyal elektromagnetik menjadi gelombang suara melalui vibrasi membrane yang selalu ada di dalam perangkat audio. Membran ini juga bekerja sebaliknya, bisa mengambil vibrasi suara dan mengubahnya menjadi sinyal elektromagnetik. Itulah mengapa earbud dan headset bisa diubah menjadi mikrofon.

Baca juga: 10 Aplikasi Photo Editing Terbaik di Android dan iOS

Codec Audio RealTek

Malware yang dibuat untuk meretas ini mengeksploitasi kerentanan pada fitur di codec audio cip RealTek. Lewat fitur ini malware diam-diam akan melakukan penugasan ulang (re-task) ke saluran keluar pada komputer merubahnya menjadi saluran masuk, sehingga malware bisa merekam suara, bahkan ketika headphone tidak memiliki saluran mikrofon. Ataupun ketika hanya terhubung dengan jack audio output pada perangkat PC atau laptop. Chip RealTek ini lumrah ditemukan di tiap PC dan Mac, sehingga serangan retasan bisa dilakukan pada semua tipe komputer, baik perangkat yang menggunakan MacOS ataupun Windows.