Dalam dunia bisnis ataupun startup, media sosial nampaknya menjadi salah satu saluran penting untuk pemasaran atau promosi. Semakin meningkatnya aktivitas masyarakat melalui media sosial menjadikannya tempat strategis untuk berjualan, melakukan promosi ataupun mencari data. Lalu bagaimana caranya agar proses promosi bisnis Anda dapat berjalan baik melalui media sosial? Simak ulasan berikut ini.

Baca juga: Mau Perbesar Jumlah Unduhan Penjualan Toko? Unduh Aplikasi Ini!

1. Gunakan Media Sosial Untuk Keperluan Riset Pasar

Melakukan riset pasar di media sosial sangatlah mudah dan murah. Anda bisa mendapatkan data lengkap mengenai apa yang konsumen sukai, apa yang konsumen butuhkan, bagaimana pendapat mereka mengenai suatu produk dan mengukur tingkat kepuasan konsumen terhadap sebuah produk. Selain itu media sosial bisa membantu Anda mengetahui apa yang diinginkan konsumen dengan biaya yang jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang dibutuhkan untuk riset pemasaran tradisional.

Banyaknya pengguna media sosial saat ini dengan berbagai usia, profesi, demografis, dan aspek lainnya, membuat data yang dihasilkan semakin banyak. Anda bisa dengan mudah mendapatkan respon sesuai dengan target pasar Anda. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan feedback langsung dari sebuah percakapan online di media sosial. Hasil laporan feedback percakapan tersebut dapat menjadi tolak ukur apakah kampanye produk yang Anda lakukan di media sosial berhasil atau tidak.

2. Buatlah Sebuah Komunitas Penggemar

Biaya untuk membuat sebuah iklan dan beriklan faktanya memang tidak murah. Inilah celah yang dimanfaatkan oleh media sosial sebagai solusi bagi para pebisnis khususnya penggiat startup dengan budget minim.

Siapa sekarang ini yang tidak memiliki media sosial? Satu orang saja bisa memiliki sedikitnya 3 akun media sosial di berbagai platform. Hal ini membuat efektivitas beriklan di media sosial semakin tinggi. Berbagai fitur pendukung di media sosial juga semakin mempermudah perusahaan untuk memasang iklan mereka.

Sebuah komunitas penggemar merupakan salah satu wadah yang efektif untuk beriklan. Karena disana berkumpul orang-orang yang sudah mengetahui produk Anda dan orang lain diluar komunitas pun dapat bergabung dengan mudah.

3. Ciptakan Lead

Dengan cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan, Anda bisa mendengarkan dan mengawasi target pasar Anda secara alami dan mengendalikan percakapan hingga pada akhirnya menghasilkan lead. Lalu bagaimana cara menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan? Lakukan hal seperti yang dilakukan oleh Xiaomi.

Perusahaan ponsel pintar asal China ini mampu mengubah konsumennya yang awalnya merupakan konsumen yang membayar menjadi konsumen yang membantu proses pemasaran produk mereka. Xiaomi memperlakukan penggemarnya, yang mereka sebut “Mi Fans” dengan baik dan selalu memberikan solusi atas segala pertanyaan dan permasalahan mereka seputar produk Xiaomi. Hingga saat ini, Mi Fans sering berkumpul secara online maupun offline untuk membuka forum atau sekedar bertemu.

Baca juga: 10 Resep Sukses Dari Xiaomi

Ada semacam budaya ‘membuat sebuah identitas bersama’ pada strategi media sosial Xiaomi. Banyak upaya yang dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna mendapatkan pengalaman lebih dari sebagai seorang penggemar, dan itu menjadi hal yang sangat penting ketika Anda mencoba membuat mereka mau membeli produk Anda – terutama jika sebagian besar penjualan Anda lakukan secara online.

Media sosial terbukti sudah menjadi bagian penting dalam strategi promosi sebuah bisnis. Berbagai keuntungan yang diberikan media sosial seolah menjadi penarik bagi para pebisnis untuk menjadikannya ‘partner’ berbisnis.