Saat ini sangat banyak kita jumpai aplikasi untuk smartphone dengan fitur dan keunggulan yang bervariasi. Berbagai kelebihan ditonjolkan oleh para pengembangnya demi menarik hati ribuan calon pengguna aplikasi tersebut. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang memang benar-benar cocok untuk smartphone anda, namun ada pula yang dapat membahayakan gadget yang anda miliki.

Dalam mengunduh aplikasi pada smartphone tentu saja harus berhati-hati dan tidak boleh sembarangan. Jutaan aplikasi yang tidak resmi seringkali justru lebih gencar melakukan kegiatan promosi. Aplikasi yang tidak resmi ini memiliki kemungkinan besar dapat membahayakan smartphone anda. Sebagian dari pengmebangnya bisa jadi merupakan hacker yang memang sengaja berniat merusak kinerja smartphone ataupun ingin mengambil keuntungan dengan mengambil data-data yang terdapat dalam sebuah smartphone. Untuk itu, yuk kenali ciri-ciri aplikasi android yang dapat membahayakan smartphone anda.

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang Meskipun Anda Sedang Tidur

1. Kredibilitas pengembang tidak jelas

Kredibilitas pengembang merupakan poin utama yang dipertanyakan dalam hal mengunduh suatu aplikasi untuk android anda. Jika pengembangnya tidak jelas, lebih baik anda tidak perlu meneruskan niat untuk mengunduh aplikasi tersebut. Pengembang yang kredibel biasanya memiliki nama perusahaan yang besar dan sudah terkenal di kalangan masyarakat. Dalam hal ini, anda juga dapat mengetahuinya dari jumlah dan jenis aplikasi yang telah berhasil mereka buat.

2. Tidak terdapat di play store

Kebanyakan aplikasi yang tidak resmi tidak bisa kita unduh melalui play store. Hal ini sudah menjadi tanda yang cukup besar agar anda berhati-hati jika ingin mengunduh aplikasi yang tidak terdapat di play store. Kemungkinan, pengembang tidak mendapatkan izin atau tidak disetujui pihak play store untuk meletakkan aplikasi tersebut pada play store.

Baca juga: Ternyata, Speaker, Earphone dan Headphone Menjadi Target Hacker!

3. Jumlah unduhan sedikit

Aplikasi dengan angka unduhan sedikit patut dipertanyakan. Dengan mengetahui jumlah pengunduh sebuah aplikasi, anda bisa memperkirakan kualitas dan kredibilitas aplikasi tersebut. Banyak faktor yang mempengaruhi angka pengunduh sebuah aplikasi android mulai dari tampilan, fungsi, akses serta potensi aplikasi tersebut.

4. Komentar buruk

Ketika terdapat komentar buruk pada sebuah aplikasi android, berarti terdapat pengguna yang kecewa dengan aplikasi tersebut. Anda perlu lebih teliti sebelum mengunduh aplikasi ini untuk digunakan pada android anda.

5. Reputasi mengecewakan

Reputasi mengenai sebuah aplikasi dapat anda ketahui melalui internet bahkan bisa juga dilihat pada testimoni dari orang yang sudah menggunakannya. Jika banyak komentar yang menunjukkan aplikasi tersebut mengecewakan, anda sebaiknya berpikir dua kali untuk mengunduhnya.

Baca juga: 5 Langkah Agar Aplikasi Anda Ramai Pengguna

6. Deskripsi tidak akurat

Sebuah aplikasi yang baik tentu saja didukung oleh deskripsi yang jelas mengenai fungsi dan fitur dari aplikasi tersebut. Jika deskripsinya saja tidak jelas, lalu apa yang bisa anda harapkan dari aplikasi tersebut?