Berkomunikasi sangatlah penting untuk para pendaki gunung. Dengan berkomunikasi, para pendaki dapat menginformasikan keadaan yang sedang dialami pada setiap titip pendakian. Pada edisi kali ini, Indigo ingin menginformasikan Mountable yang membuat alat berkomunikasi tanpa sinyal tersebut.

Berikut empat fakta menarik seputar Mountable.

Fakta ke-1: Para Founder-nya Sivitas Akademika Universitas Indonesia


Mountable didirikan oleh empat sivitas akademika (siva) Universitas Indonesia (UI) yaitu: Valda Orchidea Zahwa, Yudha Dwiputra, Kalamullah Ramli, dan Yohan Suryanto. Keempatnya merupakan peneliti dan pengajar di Fakultas Teknik UI (FTUI).

Mountable sendiri merupakan startup yang menyediakan hardware berupa alat komunikasi yang memudahkan pendaki gunung untuk saling berkomunikasi dengan konsep “Smart Monitoring and Emergency System Using Internet of Things in Mountaineering Area”.

Adapun fitur yang tersedia di Mountable adalah penunjuk arah, tracking dan monitoring pendaki, emergency system ketika terjadi hal yang tidak diinginkan, pendeteksi cuaca, real time system, dan group tracking untuk mengetahui jika ada anggota dari grup yang terpisah.

Saat tulisan ini diturunkan, Indigo memperoleh data bahwa Mountable telah dipakai oleh 55 pendaki setiap minggunya dan telah menyelamatkan sembilan pendaki yang terjebak badai di Gunung Sumbing.

Fakta ke-2: Startup yang Bergerak di Bidang Internet of Things (IoT)


Di Indonesia, tidak banyak startup yang bergerak di bidang IoT. Mountable sebagai salah satu startup yang tergolong langka ini membuat sebuah alat yang dapat berfungsi sebagai sistem pemantauan, komunikasi, dan informasi di area tanpa sinyal seluler dan tanpa internet, khususnya pada area pendakian gunung.

Dengan menggunakan teknologi IoT, Mountable mengembangkan sistem yang terdiri atas tracking tools, pemancar sinyal, website, dan aplikasi. Seluruh sistem tersebut terintegrasi menggunakan jaringan LoRa (Long Range), yaitu teknologi nirkabel yang memiliki cakupan luas (Wireless Wide Area Network) dengan konsumsi power yang kecil, sehingga memiliki ketahanan baterai hingga dua bulan.

Berkat teknologi IoT juga Mountable bisa menekan biaya produksi dan biaya operasional dibandingkan semua produk sejenis seperti HT/ Walki Talkie/ dan lainnya yang menggunakan komunikasi satelit.

Fakta ke-3: Produk IoT yang Berprestasi


Sebagai satu-satunya penyedia jasa keamanan dan keselamatan pendakian di Indonesia yang memanfaatkan teknologi, Mountable yang portable dan mudah dibawa ini menjadi produk yang berhasil meraih penghargaan medali Emas dalam ajang “Indonesian International Invention Festival 2019” yang berlangsung pada 22 – 25 April 2019 di Malang, Jawa Timur.

Selain itu, Mountable juga meraih juara ketiga dalam ajang Wonderful Startup Academy (WSA) angkatan II tahun 2019 pada bulan Maret silam dan berhasil menyisihkan lebih dari 300 startup lainnya yang berpartisipasi. WSA sendiri merupakan program inkubasi startup yang khusus bergerak di bidang pariwisata di bawah Kementerian Pariwisata.

Fakta ke-4: Startup Binaan Indigo Batch-1 Tahun 2018


Mountable merupakan startup binaan Indigo Batch-1 tahun 2018 yang saat masuk berada pada tahap Customer Validation (CV) dan kini resmi menjadi bagian dari keluarga PT Telkom Indonesia sebagaimana startup IoT binaan Indigo lainnya yang sudah bergabung antara lain yaitu Synchro, Cubeacon, dan FishOn.

Sumber: Viva & Bisnis