Media sosial, saat ini sudah bukan lagi hal yang asing atau baru bagi masyarakat yang sudah sadar akan teknologi. Media sosial memang memiliki kekuatan alami yaitu dapat dengan mudah memperoleh masa atau audiens karena memang setiap orang yang memiliki akunnya dapat terhubung dengan mudah satu sama lain. Nah, dengan kekuatan tersebut media sosial juga dapat membantu bisnis untuk semakin berkembang. Lalu media sosial apa saja yang dapat ikut membantu menunjang usaha penjualan?

Baca juga: Tingkatkan Omset Jualan Melalui Live Chat

Facebook

Facebook ini adalah media sosial yang bisa dikatakan paling senior didunia jaringan media sosial. Facebook memiliki fitur yang terus menerus diinovasi dan dikembangkan. Sampai saat ini Facebook tetap memiliki tempat di hati pemilik akunnya, banyak juga yang menggunakan Facebook sebagai media untuk menjajakan produk yang dijualnya. Facebook memang cukup mudah menggaet pembeli karena melalui Facebook pembeli yang awalnya tidak mengetahui produk tersebut akhirnya mengetahui karena mengakses Facebook.

Google+

Sosial media besutan google yang satu ini memang kurang populer di Indonesia, namun tidak ada salahnya untuk berjualan dan mencoba posting disini, apalagi utnuk yang berjualan tidak hanya melalui sosial media saja namun memiliki website utama. Sudah menjadi rahasia umum bahwa google+ mampu meningkatkan SEO website.

Twitter

Twitter merupakan sosial media dengan shape micro blogging. Mungkin berjualan dengan Twitter tidak sesederhana berjualan menggunakan Instagram. Namun, meski begitu Twitter tetap dapat mampu membantu meningkatkan omset penjualan dengan cara memanfaatkannya sebagai media informasi pemasaran yang sifatnya real time. Misalkan, informasikan promo atau kabar mengenai produk yang sedang terlibat menjadi peserta event, untuk mendapatkan promo seperti diskon atau yang lainnya, audiens yang melihat harus datang ke event tersebut dan menunjukan bahwa mereka tau dari twitter atau sudah memfollow akun twitter produk.

Instagram

Instagram. Siapa yang tidak tahu bahwa Instagram memang sangat memudahkan penjualan. Karena kekuatannya ada pada pembagian wujud produk melalui foto. Banyak orang yang melakukan belanja online melalui Instagram dan membuktikan bahwa Instagram memang sangat ampuh untuk dijadikan platform bisnis online.

Kaskus

Dengan semboyannya The Largest Community, Kaskus memang menjadi wadah yang tepat bagi siapa yang ingin mengambil kesempatan untuk memperoleh keuntungan melalui berjualan online. Situs forum nomer 1 di Indonesia ini tentu wajib dimiliki, meskipun situs tersebut memiliki tempat berjualan sendiri FJB (Forum Jual Beli). Di Kaskus orang tidak hanya bisa membagikan thread namun juga bisa membagikan apapun. Pernah ada yang beranggapan bahwa Kaskus bisa menjadi market place, namun sampai sekarang Kaskus tetap menjadi platform media sosial yang digunakan untuk meng-sharing-kan banyak hal.

Pinterest

Tidak memiliki perbedaan yang jauh dengan Instagram, Pinterest secara mayor digunakan untuk upload gambar, namun Pinterest bisa dimanfaatkan untuk memperkenalkan lebih jauh produk yang ditawarkan. Dan tentu untuk SEO website atau akun diigital lainnya karena backlink dari situs ini cukup bagus untuk tampil di hasil pencarian google.

Baca juga: 10 Tips Jitu Untuk Mengukur Kampanye Digital

Path

Di Path memangsepertinya tidak nampak ada yang menggunakannya untuk berjualan. Tingkat share-able nya juga tidak terlalu nampak signifikan karena Path tidak seperti Instagram atau Twitter yang bisa menyebar secara luas bahkan world wide. Namun, Path bisa tetap digunakan untuk membagikan informasi terkait pemasaran produk dan cara untuk mendapatkan produk tersebut misalkan.