Seiring dengan perkembangan zaman, agaknya digitalisasi saat ini semakin berkembang ke segala sektor industri. Banyaknya startup yang muncul sebagian besar berkonsep digital dan bahkan perusahaan-perusahaan terdahulu hampir seluruhnya memanfaatkan era digital ini untuk merubah konsep mereka sebagai bentuk penyesuaian.

Baca Juga: Mau Kerja Remote? Gunakan Tool Ini

Salah satu yang saat ini mulai berkembang ke ranah digital adalah industri digital publishing. Bicara mengenai digital publishing yang hampir seluruh aktivitasnya dilakukan secara digital, merupakan suatu bukti bahwa era digital dapat mempermudah segala aktivitas perusahaan. Salah satu aktivitas dalam industri ini yang dilakukan secara digital adalah content marketing.

Bagi Anda yang saat ini bergerak di industri digital publishing, khususnya bagi Anda yang memiliki posisi sebagai content editor, perlu Anda perhatikan beberapa hal di bawah ini guna mempermudah kesuksesan usaha Anda.

1. Pelajari Pedoman Analisis Usaha Anda

Segala yang berhubungan dengan dunia digital memiliki algoritmanya sendiri untuk melihat apakah usaha yang Anda lakukan secara digital mampu tersampaikan kepada target pasar. Untuk mengukur hal tersebut, Anda bisa menggunakan Google Analytics yang khusus diperuntukkan untuk membantu Anda menganalisis bounce rate, informasi perangkat, traffic dan informasi lainnya mengenai konten pada website usaha Anda di dunia digital. Anda bisa mempelajari mengenai Google Analytics secara singkat dengan membaca ulasan-ulasan di google ataupun video di youtube.

2. Segmentasikan Traffic Usaha Anda Untuk Melihat Laju Pertumbuhan Angka

Penting bagi Anda untuk mengetahui dimana dan menggunakan apa orang biasanya membaca artikel atau melihat konten. Sebagai contoh, saat ini, dimana tingkat mobilitas manusia semakin tinggi, kebanyakan orang lebih banyak mencari dan mendapatkan informasi di gadget seperti handphone. Untuk membuat mereka nyaman ketika melihat sebuah website, Anda harus merancang website Anda sedemikian mungkin agar mobile-friendly.

Selain itu Anda juga bisa menyajikan konten yang lebih variatif, mungkin dengan menampilkan artikel dalam bentuk video agar pembaca tidak bosan dengan artikel berisi teks. Dengan melakukan hal-hal tersebut, tingkat pertumbuhan atau bounce rate Anda dapat meningkat.

3. Optimalisasikan Konten Anda Agar Menjadi Top Referrer

Jika Anda tidak menggunakan sistem pemasaran digital secara berbayar, maka jumlah pembaca atau orang yang melihat konten Anda bergantung pada tingkat pencarian dan atau sosial media marketing Anda. Anda juga harus memahami algoritma kedua channel tersebut. Jika bagian utama traffic Anda adalah melalui hasil pencarian, maka optimalisasikan SEO, jika bagian utama traffic Anda adalah dari media sosial, buatlah inovasi konten pada media sosial.

Baca Juga: 4 Trik Jitu Sukses Jualan di Instagram

4. Menulis Untuk Pembaca

Seorang editor buku, sebagian besar proyeksi penjualan mereka bersifat spekulatif. Contohnya ketika seseorang menulis buku dengan topik thriller, mereka masih harus mengira-ngira siapa kira-kira yang akan membaca buku tersebut? Apakah laki-laki atau perempuan, di rentang usia berapa, dan tipe masyarakat seperti apa. Maka dari itu proses post-production sangat penting dilakukan untuk melihat impact penjualan buku tersebut.

Sebagai seorang content editor, Anda tidak harus melakukan hal itu. Setiap pembaca, yang sudah sign ini ke website Anda, akan terdeteksi identitasnya, minat dan kesukaannya. Maka Anda bisa dengan mudah membuat sebuah konten ataupun artikel yang sesuai dengan spesifikasi tersebut.

5. Luangkan Waktu Untuk Memperhatikan Detail

Terkadang ketika sedang memproduksi sebuah project besar, detail sering tertinggal. Namun sebenarnya, untuk meningkatkan jumlah traffic, detail artikel, misal per halaman, juga harus diperhatikan. Misalnya pembaca Anda ternyata lebih menyukai tampilan artikel dalam bentuk halaman dibandingkan bentuk daftar panjang. Anda harus mempertimbangkan untuk memperbaiki hal tersebut dalam upaya membuat pembaca kembali lagi.

6. Melacak Semua Eksperimen Anda

Setiap strategi konten dinamis membutuhkan tingkat eksperimentasi tertentu. Anda tentu tidak ingin kehilangan inovasi karena Anda terlalu fokus untuk mereplikasi kisah sukses. Tantangan dalam penyiapan editorial berbasis data adalah sulit untuk mencoba sesuatu yang baru tanpa mengetahui bagaimana respon pembaca untuk mendukung keputusan tersebut. Itu seharusnya tidak menghentikanmu. Pastikan untuk melacak eksperimen tersebut saat Anda mengeksekusinya, sehingga Anda tahu mana yang harus dikejar dan mana yang harus dibuang.

7. Buat Tim Anda Mencintai Kegiatan Menulis

Seiring dengan semakin berkembangnya content marketing Anda, maka konten yang Anda produksi setiap harinya juga akan semakin bertambah. Anda tentu akan membutuhkan lebih banyak orang untuk mendevelop konten. Tunjukkan kepada mereka bagaimana sebuah konten dan tulisan dapat menghasilkan uang. Buat tim Anda merasa jatuh cinta dengan kegiatan menulis, dan terpacu untuk mengerjakannya dengan penuh semangat.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencapai kesuksesan konten di industri digital publishing. Selamat mencoba!