Ketika menjadi seorang pemula dalam dunia bisnis startup seringkali Anda jumpai beberapa hal yang tanpa disadari dapat menjadi faktor kegagalan startup Anda. Founder dan CEO The Founder Institute, Adeo Ressi pernah menjadi mentor atau pelatih ratusan pendiri startup. Ressi mengatakan ada 6 hal kesalahan fatal yang biasa dilakukan oleh para pemula startup. sebagai berikut:

Baca juga: Kunci Keberhasilan 3 CEO Muda Kelas Dunia

1. Salah Memilih Tim Pendiri Awal

Anda harus bisa memilih dengan hati-hati siapa orang yang akan Anda jadikan partner dalam menjalankan bisnis. Salah memilih orang dapat mengakibatkan bisnis Anda tidak berjalan efektif dan sulit berkembang. Pilihlah orang yang pikirannya sejalan dengan Anda, bertanggung jawab dan dapat mengisi kekurangan Anda.

2. Membuat Struktur Perusahaan yang Buruk

Memilih orang yang kompeten dalam bidang marketing, berhubungan dengan investor, pintar melakukan penawaran, merupakan hal penting dalam struktur bisnis Anda. Sekali Anda salah memilih orang, akan mengakibatkan hal buruk dan kegagalan pada perusahaan Anda.

3. Mengadopsi Teknologi yang Salah

Berbagai jenis teknologi canggih telah hadir untuk mempermudah Anda untuk menjalankan bisnis. Jika Anda salah menggunakan teknologi, atau tidak bisa memanfaatkan teknologi, bisnis Anda akan stuck di situ saja. Perusahaan terancam tidak akan berkembang secara cepat.

4. Memilih Model Bisnis yang Salah

Pikirkan matang-matang bagaimana model bisnis Anda akan dibuat. Model bisnis yang salah akan membuat perusahaan sulit untuk tumbuh dan mendapatkan pendapatan.

5. Tidak Bisa Memilih Model Pasar yang Tepat

Pikirkan dengan hati-hati teknik pemasaran, strategi penjualan dan target pasar bisnis Anda. Cara perusahaan yang salah dalam menarik pelanggan dapat membuat bisnis Anda hancur.

6. Salah Memilih Nama Perusahaan 

Nama perusahaan ataupun nama produk merupakan salah satu jenis branding yang amat penting bagi sebuah bisnis. Jangan membuat nama yang aneh atau konyol. Pikirkan bagaimana perspektif orang lain, khususnya perspektif pelanggan dalam menilai nama tersebut.

Baca juga: Tahap-Tahap Pendanaan Startup yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa hal diatas merupakan kesalahan yang mayoritas dilakukan oleh para pemula bisnis. Jika Anda ingin memulai atau sedang menjalankan sebuah startup, tidak ada salahnya untuk mengevaluasi faktor-faktor diatas yang mungkin bisa menjadi faktor kegagalan bisnis Anda.