Kecanggihan teknologi saat ini semakin mempermudah masyarakat dalam bekerja dan melakukan sesuatu. Perkembangan teknologi yang pesat sangat mendukung berbagai industri di Indonesia saat ini. Salah satunya adalah industri bisnis investasi.

Saat ini jika Anda ingin berinvestasi, Anda tidak perlu repot-repot bolak balik ke bank atau lembaga keuangan lainnya, cukup dengan menggunakan smartphone atau gadget lainnya yang Anda miliki. Bisnis investasi online merupakan sebuah pengembangan ide bisnis dari konvensional menjadi digital yang tentunya akan semakin memudahkan masyarakat dalam melakukan transaksi.

Baca Juga: Benarkah Virtual Account Menjadi Solusi Pembayaran Terbaik? Simak Ulasannya!

Di Indonesia sendiri saat ini sudah mulai marak perusahaan yang menggunakan system investasi online ini. Berikut 6 di antaranya.

P2P Lending

Peer to peer (P2P) lending adalah aktivitas pemberian pinjaman dari seorang individu ke individu atau badan usaha lain. Layaknya pemberian pinjaman yang diberikan bank, Anda pun bisa mendapat keuntungan berupa bunga setiap kali memberikan pinjaman.

Saat ini, aktivitas tersebut telah dimudahkan dengan kehadiran berbagai startup P2P lending yang ada di tanah air, mulai dari Investree, Modalku, Amartha, KoinWorks, hingga Crowdo. Seluruh proses mulai dari pendaftaran, pengiriman uang pinjaman, hingga pemantauan penerimaan bunga di platform P2P lending, kini sudah bisa Anda lakukan secara online.

Reksadana

Anda mungkin sudah tidak asing dengan Reksadana. Reksadana adalah sebuah wadah atau pola pengelolaan dana untuk menghimpun dana masyarakat yang dikelola oleh Manajer Investasi. Manajer Investasi tersebut kemudian akan menanamkan dana yang ia dapat ke dalam berbagai portofolio investasi, mulai dari saham, obligasi, hingga pasar uang.

Baca Juga: 8 Tips Financial Untuk Bantu Keuangan Startupmu

Saat ini telah ada beberapa startup tanah air yang memungkinkan kamu untuk mengelola reksadana secara online, seperti Bareksa dan Bibitnomic. Selain itu, beberapa Manajer Investasi yang sebelumnya mengandalkan cara konvensional pun telah coba membuat layanan atau aplikasi online untuk memudahkan pengguna, seperti Mandiri Investasi yang membuat aplikasi bernama Moinves.

Saham 

Saham adalah sebutan untuk surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas sebuah perusahaan. Surat berharga tersebut bisa kamu jual atau beli sewaktu-waktu, tergantung pada kebutuhan atau perubahan harga yang terjadi. Saat ini, lembaga investasi seperti Mandiri Sekuritas dan IndoPremierpun telah menghadirkan layanan seperti itu.

Bitcoin

Bitcoin sebenarnya adalah mata uang virtual yang bisa kamu gunakan untuk transaksi pembelian barang atau jasa. Namun karena nilainya yang berfluktuasi, beberapa orang pun memanfaatkan Bitcoin sebagai sarana investasi dan karena sifatnya yang digital, maka wajar kalau proses pengelolaan Bitcoin juga bisa Anda lakukan secara online. Saat ini, telah ada beberapa startup yang memungkinkan Anda untuk melakukan pembelian Bitcoin, mulai dari Bitcoin Indonesia hingga Luno (dahulu bernama BitX).

Emas

Sebagai salah satu logam mulia yang berharga, emas telah menjadi sarana investasi sejak dahulu. Biasanya masyarakat akan membeli emas batangan di Aneka Tambang (Antam), atau membeli emas yang berbentuk perhiasan di berbagai toko emas.

Saat ini, proses tersebut pun telah bisa dilakukan secara online. E-Commerce Bukalapak telah meluncurkan sebuah layanan yang bernama BukaEmas. Dengan layanan tersebut, kamu bisa melakukan pembelian atau penjualan emas secara online. Emas tersebut akan disimpan di virtual boxmilik IndoGold, dan bisa kamu ambil secara fisik bila sudah lebih dari 0,5 gram.

Deposito

Jika Selama ini untuk membuka deposito Anda harus datang langsung ke kantor bank untuk mengisi formulir dan memasukkan dana, seiring perkembangan teknologi, seluruh proses tersebut kini bisa Anda lakukan di mana saja dengan memanfaatkan layanan e-banking. Hal ini telah dilakukan beberapa bank seperti Bank Sinarmas dan Bank OCBC NISP.

Beberapa investasi online di atas dapat Anda jadikan pilihan untuk berinvestasi. Selamat berinvestasi!