Sebuah perusahaan tidak akan bisa maksimal apabila dijalankan sendirian. Memikirkan sebuah ide, menyusun strategi sampai menghitung keuntungan pun tidak bisa dilakukan sendiri. Sebelum Anda memikirkan hal-hal penting lainnya untuk bisnis Anda, satu hal terpenting yang harus Anda miliki adalah sebuah tim, yaitu fokus pada tim harus lebih didahulukan sebelum fokus pada produk dan pelanggan. Mengapa demikian? Simak 5 alasan mengapa fokus membangun tim itu penting!

Baca Juga: 4 Hal Ini Bantu Minimalisir Pembajakan di Startup

1. Keberhasilan Bisnis Berangkat Dari Tim yang Solid

Alasan dibalik terciptanya produk yang berkualitas dan layanan yang prima adalah adanya tim yang solid. Semua anggota dalam tim akan bahu membahu menciptakan produk yang baik, memikirkan strategi pemasaran yang menarik, memberikan layanan terbaik, merencanakan keuangan yang cermat dan hal-hal lainnya. Bagaimana membangun tim yang kuat dan solid? Semuanya berangkat dari bagaimana cara kepemimpinan para founder ataupun team leader perusahaan.

2. Meningkatkan Produktivitas

Solid bukan hanya tentang kualitas, tapi juga produktivitas. Sebuah tim yang solid secara otomatis akan tertanam rasa saling memiliki dan terikat dengan perusahaan. Setiap anggota tim akan bekerja keras agar dapat memberikan yang terbaik bagi tim dan perusahaan.

3. Profit

Profit tidak dapat dihilangkan dari alasan mengapa membangun fokus pada tim itu penting. Sebuah tim yang solid dan berkualitas akan dapat menghasilkan produk yang berkualitas pula. Produk yang berkualitas akan banyak diminati oleh konsumen. Semakin banyaknya permintaan dari konsumen, maka pendapatan dan profit dan didapatkan akan meningkat.

Baca Juga: 4 Tips Agar Produktivitasmu Tetap Terjaga Saat Puasa

4. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Jika sebuah bisnis mampu memproduksi produk yang sesuai dengan kebutuhan dan minat pelanggan, maka feedback baik pun akan mudah didapatkan perusahaan. Bisnis yang baik adalah bisnis yang mampu menjalin hubungan yang baik dan harmonis dengan pelanggan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa puas, dan bukan tidak mungkin akan merekomendasikan produk Anda ke pelanggan baru.

5. Reputasi yang Baik

Anggota tim juga merupakan ‘duta’ sebuah produk. Mereka akan menjadi tester pertama dari produk yang diproduksi. Apabila respon dari mereka mengenai produk tersebut baik dan layak pakai, maka secara otomatis produk tersebut akan baik pula untuk pelanggan dan menghasilkan reputasi yang baik bagi perusahaan.

Pada dasarnya sebuah tim adalah pondasi bagi sebuah perusahaan. Tim yang solid tentu akan membawa bisnis menggapai goals dengan lebih mudah. Jika Anda seorang pemimpin dalam sebuah perusahaan, perlakukan tim Anda sebagaimana Anda memperlakukan pelanggan Anda. Ciptakan sense of belonging kepada anggota tim agar mereka dapat memberikan hasil terbaik bagi perusahaan.