Pengguna atau konsumen dari suatu produk memang menjadi aspek yang penting. Karena pengguna adalah elemen dimana produk dipakai dan memiliki nilai guna. Menjalin keterikatan terhadap pengguna juga menjadi sesuatu yang penting, mengingat pengguna adalah konsumen yang potensial.

Baca juga: Tingkatkan Penjualan Perusahaan dengan Cara Ini!

Salah satu kunci membina hubungan yang baik dengan pengguna adalah pelayanan atau service yang dibaik. Karena hal tersebut juga akan memberikan efek psikologis yang baik terhadap hubungan antara usaha, produk, dan konsumen. Berikut ini adalah cara yang cukup baik untuk dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan kepada pengguna, apa saja sih? Berikut ulasannya.

1.Mengkaryakan SDM yang Tepat

Memberikan pelayanan yang baik tentunya akan berhubungan langsung dengan manusia. Salah satu cara sederhana untuk mendongkrak kualitas pelayanan pengguna adalah memperkerjakan orang-orang tepat. Orang-orang yang memiliki rasa empati untuk memahami permasalahan yang dihadapi pengguna. Dengan rasa empati yang tinggi akan memberikan kesan tersendiri bagi pengguna.

Orang-orang ini tentunya harus yang memiliki jiwa pelayanan dan memang bersedia bekerja untuk menerima keluhan dan memberikan saran serta solusi terhadap apa yang menjadi permasalahan pengguna. Selain rasa empati keterampilan teknis lainnya juga dibutuhkan untuk meningkatkankualitas. Salah satunya adalah kemampuan dasar dan keterampilan berbahasa. Dengan kemampuan berbahasa yang baik pelanggan tidak perlu merasa khawatir untuk menyampaikan keluhan atau permasalahan lainnya.

2. Komunikasi Real Time 

Selain dibutuhkan SDM yang baik dan tepat, dibutuhkan pula sistem komunikasi yang yang mumpuni. Fakta menunjukan bahwa pelanggan membutuhkan dan menginginkan pelayanan yang cepat dan responsif, untuk itu dalam upaya peningkatan kualitas brand serta produk, sistem komunikasi dengan pelanggan juga menjadi faktor yang juga penting.

Jika melihat pada perkembangan teknologi yang ada sekarang model komunikasi real time adalah yang paling optimal. Sistem chatting, telepon atau yang lainnya yang memungkinkan pengguna mendapatkan solusi permasalahan dalam hitungan menit bahkan detik akan menjadi pengalaman berharga bagi pelanggan dan menjadi image positif bagi bisnis.Yang perlu sangat menjadi perhatian adalah jangan terbiasa mengalihkan saluran saat ada interaksi dengan pelanggan. Hal fatal ini dapat menimbulkan kesan negatif.

3. Menambah Waktu Pelayanan 

Namanya pelayanan pelanggan, tentu harus siap dengan segala sesuatu yang mengutamakan pelanggan. Segala hal yang berhubungan dengan pelayanan sepertinya tidak mengenal waktu, memang pada dasarnya pelayanan juga menjadi kebutuhan dan bagian dasar yang dibutuhkan setiap manusia.

Baca juga: Psikologi Warna yang Wajib Anda Ketahui untuk Marketing dan Branding Produk Anda

Maka, menambah waktu pelayanan pelanggan seperti 24 jam seminggu memang sudah menjadi hal yang lazim mengingat apa yang menjadi prioritas adalah pelanggan dan tujuan utama adalah kualitas.